HomeInfo SehatKesehatan UmumWaspadalah, Sleep Apnea Akibatkan Penyakit Berbahaya Lain
Kesehatan Umum

Waspadalah, Sleep Apnea Akibatkan Penyakit Berbahaya Lain

Kartika Tarigan, 14 Agu 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda sering pusing saat bangun tidur? Awas, bisa jadi Anda menderita sleep apnea. Ini sederet bahayanya.

Waspadalah, Sleep Apnea Akibatkan Penyakit Berbahaya Lain

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang terjadi saat saluran napas terhambat, dan menyebabkan udara sulit masuk ke paru-paru. Selain tidur menjadi kurang berkualitas, sleep apnea pun dapat memicu sederet penyakit jika dibiarkan.

Tanda paling umum saat seseorang terserang sleep apnea adalah ngorok ketika tidur. Melansir webmd, gangguan tidur ini ternyata dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya saat Anda tertidur. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Tekanan darah tinggi Kurangnya oksigen dalam darah akibat sleep apnea meningkatkan risiko penyakit berbahaya termasuk hipertensi. Jika Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, kondisi ini bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda. Saat Anda terbangun di malam hari akibat sleep apnea, tubuh mungkin akan mengalami stres. Hal ini membuat sistem hormon mengalami overdrive, yang akhirnya meningkatkan tekanan darah Anda.
  2. Serangan jantungSleep apnea juga meningkatkan risiko serangan jantung. Sebab gangguan napas yang terjadi selama tidur dapat membuat jantung Anda berdetak dengan tidak normal. Bahkan pada beberapa kasus, juga meningkatkan risiko stroke hingga kematian mendadak.
  3. Diabetes tipe 2Orang dengan sleep apnea memiliki risiko lebih banyak mengalami resistensi insulin. Hal ini membuat kemungkinan diabetes 2 meningkat berlipat ganda.
  4. Sindrom metabolikSindrom metabolik merupakan kondisi yang meliputi peningkatan tekanan darah, peningkatan gula darah yang tinggi, kelebihan lemak di sekitar pinggang, dan peningkatan kadar kolesterol yang tidak biasa. Jika kondisi tersebut terjadi bersamaan, risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes akan melonjak tinggi.
  5. Gangguan fungsi hati Ditemukan bahwa area sekitar hati orang dengan sleep apnea cenderung menunjukkan tanda-tanda bekas luka. Ini adalah kondisi yang dikenal sebagai penyakit hati berlemak non-alkohol.

Jika Anda merasakan gangguan tidur seperti sleep apnea atau yang lainnya, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter. Tetap waspada, tetap jaga kesehatan Anda dan keluarga!

[NB/ RVS]

KolesterolGangguan TidurSleep ApneaSerangan Jantung

Konsultasi Dokter Terkait