Sukses

Benarkah Melinjo Sebabkan Asam Urat Tinggi?

Melinjo sering dituding menjadi biang kerok asam urat tinggi.

Klikdokter.com, Jakarta Melinjo merupakan bahan utama emping ataupun campuran pada sayur asam yang memiliki banyak penggemar. Meski rasanya enak, namun banyak yang menganggap melinjo sebagai penyebab asam urat tinggi.

Melinjo adalah tanaman yang memiliki nama panggung Gnetum gnemon Linn. Tanaman ini mengandung tinggi purin, atau sejenis protein yang juga ada pada tubuh manusia, atau hewan.

Purin yang masuk ke dalam tubuh akan dimetabolisme menjadi asam urat. Pada kadar normal, asam urat tersebut akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Namun bila kadarnya di atas normal, asam urat akan mengendap dan menimbulkan berbagai penyakit.

Salah satu penyakit yang didalangi oleh asam urat tinggi adalah artritis gout. Penyakit ini memiliki keluhan berupa bengkak serta kemerahan pada sendi. Beberapa sendi yang paling sering terkena adalah jari tangan, jari kaki, lutut dan pergelangan kaki.

Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka komplikasi berupa kerusakan sendi permanen, timbul kelainan bentuk struktur bagian tubuh yang terkena, hingga kesulitan berjalan akan sangat sulit dihindari.

Jadi, anggapan bahwa melinjo menyebabkan asam urat tinggi memang tidak salah. Jika Anda tidak ingin terkena dampaknya, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung melinjo mulai saat ini.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar