Sukses

Efektifkah Sandal Refleksologi Kurangi Nyeri Rematik?

Ingin membeli sandal refleksologi? Cek dahulu seberapa efektif pengaruhnya dalam mengurangi nyeri rematik.

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri rematik sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Tak jarang, sandal refleksologi dipilih sebagai terapi alternatif untuk mengurangi keluhan ini.

Memang, sejak dahulu sandal refleksologi dipercaya ampuh kurangi nyeri rematik. Alasannya adalah karena adanya tonjolan-tonjolan pada sanadal yang dapat merangsang titik saraf di kaki.

Namun sebenarnya, tidak semua sandal refleksologi yang beredar di pasaran memiliki tonjolan sesuai dengan titik-titik saraf di kaki. Salah pilih sandal, bisa-bisa nyeri rematik semakin menjadi-jadi.

Belum Terbukti

Ditinjau dari sisi ilmiah, hingga saat ini belum ada penelitian medis yang membuktikan bahwa sandal refleksologi benar-benar efektif kurangi nyeri rematik. Agar tidak terjebak slogan yang belum tentu benar, sebaiknya hindari penggunaan sandal semacam ini.

Daripada menggunakan sandal refleksologi yang belum terbukti efektif atasi nyeri rematik, para ahli reumatologi menyarankan Anda untuk menggunakan alas kaki biasa dengan ciri-ciri:

  1. Terasa nyaman saat digunakan
  2. Tidak kebesaran atau kekecilan
  3. Tidak membuat kaki sakit maupun lecet
  4. Alasnya lembut
  5. Bentuknya mengikuti pola kaki
  6. Tidak memiliki hak

Sekarang Anda sudah tahu faktanya. Bagi penderita rematik, sebaiknya hindari penggunaan sandal refleksologi mulai saat ini. Ingatlah bahwa hal ini belum terbukti efektif mengurangi nyeri rematik secara ilmiah.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar