Sukses

Sebelum Isi Ulang, Perhatikan Kode Kemasan Botol

Agar terhindar dari penyakit , perhatikan kode yang tertera pada botol plastik, sebelum Anda mengisi ulang botol tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda sering menggunakan botol plastik untuk minum sehari-hari, mulai saat ini Anda harus lebih teliti. Ternyata kode yang terdapat di bawah botol menunjukan cara penggunaannya.

  • Botol berlabel 1 PET atau PETE hanya aman digunakan sekali atau sekali pakai. Sebab, saat botol tersebut terpapar oksigen atau suhu tinggi dari panas matahari, akan mengeluarkan zat beracun yang berpotensi bercampur ke dalam air.

  • Botol 3 atau 7 PVC dan PC, memiliki arti dapat memancarkan bahan kimia beracun yang dapat menembus makanan dan minuman yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

  • Botol plastik kemasan yang terbuat dari polietilen 2 dan 4, serta botol polipropilena dengan tanda 5PP bisa digunakan dua kali. Mereka relatif aman digunakan kembali, asal diisi dengan air dingin saja.

Seperti halnya peralatan makan lainnya, tidak hanya botol plastik yang harus diperhatikan tetapi juga semua peralatan makan yang terbuat dari plastik. Untuk mencegah penyakit-penyakit yang akan muncul di kemudian hari, gunakan botol plastik dari air minuman kemasan satu kali pakai. Semakin sering botol tersebut digunakan ulang, semakin besar kemungkinan bakteri dapat berkembang biak.

Botol plastik air minum dalam kemasan sebenarnya didesain hanya untuk sekali pakai. Penggunaan berlebihan bisa merusak fisik botol dan jika botol dipanaskan maka dapat meningkatkan kecepatan komponen dan senyawa-senyawa kimia tercampur ke air minum Anda.

Baca juga artikel bertema serupa di sini

0 Komentar

Belum ada komentar