Sukses

Awas, Kebiasaan Dandan yang Salah Bisa Picu Gangguan Kulit

Dandan merupakan ritual wajib bagi kebanyakan wanita. Namun kebiasaan dandan yang salah dapat menyebabkan gangguan kulit.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi kebanyakan wanita, dandan merupakan ritual wajib agar bisa tampil cantik setiap saat. Namun, kebiasaan dandan yang keliru dan pemilihan produk kecantikan yang kurang tepat dengan jenis kulit dapat menyebabkan beberapa gangguan kulit seperti berikut:

  1. Jerawat

    Jerawat timbul karena kelenjar sebum (minyak) di wajah tersumbat. Karena itu, Anda sebaiknya menghindari pemakaian foundation setiap hari agar tidak menyumbat pori-pori wajah. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih loose powder yang tidak menyebabkan jerawat dan komedo. Hindari pula jenis bedak padat atau two way cake. Kalau ingin menggunakan foundation, pilih foundation cair yang bertekstur ringan.

  2. Kulit berminyak

    Kulit wajah tampak mengilap di siang hari? Kebiasaan dandan yang salah mungkin saja menjadi penyebabnya. Misalnya, penggunaan foundation berbahan dasar minyak (oil based) atau berbentuk cream dapat menyebabkan tampilan kulit lebih berminyak. Selain itu, kulit yang berminyak bisa memicu timbulnya jerawat. Jadi jika memiliki kulit yang berminyak, Anda sebaiknya menggunakan foundation berbahan dasar air (water based) dan bedak tabur.

  3. Alergi

    Kulit wajah kemerahan, gatal, dan serasa terbakar merupakan beberapa tanda alergi. Kebiasaan berdandan yang keliru dengan memilih produk yang kurang tepat juga bisa menyebabkan alergi.

Jadi, jika kulit Anda tergolong sensitif dan mudah mengalami alergi, sebaiknya hindari penggunaan kosmetik yang mengandung pewangi. Anda juga bisa memilih kosmetik yang berlabel hipoalergenik.

Kandungan bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik memang bisa menyebabkan berbagai reaksi dan gangguan kulit. Karena itu, ketahui dulu jenis kulit dan permasalahan kulit sebelum dandan atau membeli kosmetik. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kuas dan kotak kosmetik. Menyingkirkan kosmetik yang sudah kedaluwarsa, berubah warna atau berbau juga penting dilakukan.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar