Kesehatan Anak

Konsumsi Keju Bisa Bikin Anak Tambah Tinggi

Gerardus Septian Kalis, 09 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Keju menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tulang dan tumbuh kembang anak, salah satunya bikin anak tambah tinggi.

Konsumsi Keju Bisa Bikin Anak Tambah Tinggi

Tinggi badan anak tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik. Faktor makanan juga turut memengaruhi perkembangan tinggi badan anak. Salah satu bahan pangan yang baik untuk tulang anak adalah susu dan semua produk olahannya, khususnya keju.

Susu mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Vitamin D yang terdapat di dalam susu juga sangat penting untuk penyerapan kalsium ke dalam tubuh dari berbagai makanan.

Karena keju adalah salah satu produk olahan susu, jadi manfaat yang ada pada susu juga ada di dalam keju. Selain itu, keju juga mengandung asam amino yang lengkap, sehingga berperan dalam sintesis protein untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh, dan tulang.

Asupan kalsium sangat dibutuhkan oleh anak saat masa pertumbuhan, terutama pada masa pubertas (11-15 tahun untuk anak perempuan dan 12-16 tahun untuk anak laki-laki). Jumlah kalsium yang dibutuhkan untuk anak adalah 800-1000 mg.

Selain itu, keju merupakan salah satu produk olahan susu yang mengandung protein cukup tinggi. Semakin dini anak mengenal keju, maka semakin tinggi asupan protein yang dapat diterima anak. Perlu Anda ketahui bahwa asupan protein juga penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, melalui perannya sebagai zat pembangun.

Lebih dari itu, protein pada keju juga berperan penting dalam proses metabolisme melalui pembentukan enzim dan hormon di dalam tubuh. Untuk mendukung pertumbuhan anak yang optimal, pastikan sebanyak 25 hingga 30 persen dari porsi makanan hariannya merupakan sumber protein.

Jadi, itulah tadi manfaat dari konsumsi keju. Keju baik untuk kesehatan tulang anak. Lebih dari itu, keju juga baik untuk tumbuh kembang anak dan bisa bikin anak tambah tinggi. Namun, Anda perlu lebih cermat dalam memberikan keju kepada anak, sebab keju juga mengandung kalori dan lemak.

[BA/ RVS]

KejuTinggi Badan

Konsultasi Dokter Terkait