HomeIbu Dan anakKehamilanIntip Kebaikan Minyak Ikan untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Intip Kebaikan Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

dr. Ellen Theodora, 01 Agu 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Minyak ikan memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Apa sajakah?

Intip Kebaikan Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi ibu hamil adalah DHA. Senyawa ini terdapat pada beberapa makanan, salah satunya minyak ikan. Berikut adalah lima kelebihan minyak ikan untuk ibu hamil:

  1. Mencegah bayi lahir prematurMengonsumsi minyak ikan dipercaya mampu mencegah terjadinya gangguan aliran darah, praeklampsia, dan eklampsia. Kondisi-kondisi tersebut dapat memicu terjadinya bayi lahir prematur.
  2. Mengatasi masalah kulitMinyak ikan mampu memberikan nutrisi pada kulit sehingga dapat mengatasi masalah kulit selama kehamilan, serta membantu mencegah alergi pada bayi baru lahir.
  3. Membentuk kecerdasan otak janinDHA dalam minyak ikan dapat meningkatkan sistem saraf dan pertumbuhan otak janin. Di samping itu, juga membantu agar bayi tidak mengalami berat badan lahir rendah.
  4. Memperbaiki kadar kolesterolKandungan omega-3 mampu memelihara kesehatan jantung ibu dan janin, meningkatkan kolesterol “baik”, serta mengurangi kolestrol ‘jahat’ dalam tubuh.
  5. Mengurangi depresi pasca melahirkanGangguan psikologis pada ibu setelah melahirkan tidak jarang terjadi. Penelitian mengatakan bahwa kandungan DHA, EPA, dan omega-3 pada minyak ikan dapat mengurangi depresi pasca melahirkan.

Secara keseluruhan minyak ikan dapat meningkatkan sistem ketahanan tubuh, baik untuk ibu hamil maupun janin. Yuk, konsumsi minyak ikan sejak dini agar kehamilan dan persalinan lancar!

[RS/ RH]

Minyak IkanManfaat Minyak IkanIbu HamilHamil

Konsultasi Dokter Terkait