Sukses

Jangan Makan Ini Bila Tak Mau Kena Batu Empedu

Hindari beberapa makanan ini jika tak ingin terkena batu empedu.

Klikdokter.com, Jakarta Anda sering mengalami sakit perut di sebelah kanan pada malam hingga pagi hari? Jika ya, waspadalah dengan kemungkinan menderita batu empedu.

Batu empedu adalah sebuah kondisi dimana cairan empedu yang diproduksi hati untuk mencerna lemak mengalami pengerasan. Umumnya batu empedu tidak menyebabkan gejala. Jika batu empedu masuk ke dalam saluran empedu dan memicu penyumbatan, barulah dapat memunculkan gejala.

Untuk mencegah dan mengatasi kondisi tersebut, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan-makanan yang harus dihindari. Berikut di antaranya:

  1. Makanan berlemak

    Daging berlemak merupakan salah satu makanan yang mengiritasi kantong empedu. Daging sapi, daging asap, dan sosis mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi yang membuat kantong empedu bekerja lebih keras. Dampak yang ditimbulkan dari hal ini adalah pembengkakan hati.

  2. Makanan yang digoreng

    Hampir setiap orang menyukai makanan yang digoreng. Namun, apa yang Anda sukai belum tentu baik bagi kesehatan karena nyatanya makanan yang digoreng dapat mengiritasi kantong empedu. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan yang digoreng terlalu sering.

  3. Makan dengan kadar asam yang tinggi

    Tak hanya menyebabkan iritasi pada perut, makanan yang bersifat asam seperti buah jeruk, kopi, dan saus tomat juga dapat memicu gangguan pada kantong empedu Anda.

  4. Makanan yang terbuat dari susu

    Susu dan segala sesuatu yang terbuat dari susu, seperti keju dan es krim, mengandung sejumlah lemak dalam jumlah sedang. Beberapa produk susu dapat meningkatkan kadar lemak ke tingkat berbahaya jika kantong empedu Anda sudah mengalami masalah.

Batu empedu dapat menyebabkan masalah yang sangat serius bagi tubuh. Oleh sebab itu, jika terasa sakit pada perut terus-menerus, segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar