Mata

Sering Ngintip Sebabkan Mata Bintitan, Mitos atau Fakta?

dr. Theresia Rina Yunita, 31 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Masyarakat menganggap penyebab mata bintitan karena suka mengintip. Benarkah demikian?

Sering Ngintip Sebabkan Mata Bintitan, Mitos atau Fakta?

Penyebab mata bintitan karena suka mengintip sebenarnya tidak berkaitan satu sama lain. Bintitan atau dalam istilah medis disebut hordeolum, merupakan benjolan di mata yang menyerupai jerawat atau bisul yang dapat muncul pada kelopak bagian luar maupun bagian dalam.

Jika terjadi demikian, penderita akan merasakan nyeri yang hebat dan mengganggu penampilan. Berikut penyebab mata Anda bintitan:

  1. Tidak membersihkan riasan mataWanita gemar menggunakan riasan mata seperti eyeliner, eyeshadow dan mascara. Penumpukan sisa-sisa riasan ini akan menyumbat kelenjar minyak yang ada pada kelopak mata. Inilah yang memicu timbulnya bintitan, ditambah infeksi fokal akibat bakteri.
  2. Sering mengucek mataMengucek mata tidak masalah dalam dunia medis. Namun perhatikan apakah tangan yang digunakan sudah bersih atau belum. Sebaiknya sebelum mengucek mata pastikan tangan Anda bersih misalnya dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.
  3. Malas membersihkan softlensJika Anda pengguna softlens, menjaga kebersihan softlens sangat penting. Jika tidak bersih hati-hati dapat terjadi ulkus pada kornea Anda. Selain itu juga dapat menimbulkan infeksi pada kelopak mata (bintitan)
  4. Jarang mengganti seprei dan selimutSering bangun tidur dengan mata merah, berair dan gatal. Coba ingat kapan terakhir kali Anda mengganti seprei dan selimut. Faktanya, seprei dan selimut yang jarang diganti atau kurang bersih juga dapat menyebabkan infeksi pada mata termasuk bintitan.
  5. Terpapar polusiMemang polusi udara tidak dapat kita hindari. Namun saat berada di luar ruangan yang berisiko banyak polusi udara, Anda dapat menggunakan kacamata sebagai pelindung. Hal ini untuk mencegah debu kotoran terbang yang menempel pada mata dan menyumbat kelenjar minyak.

Jadi, anggapan sering bintitan karena suka mengintip hanyalah mitos belaka. Faktanya bintitan disebabkan infeksi yang ada pada kelopak mata akibat sumbatan kelenjar minyak. Dengan menjaga kebersihan mata Anda dapat terhindar dari bintitan.

[DA/ RVS]

MitosFaktaMata BintitanHordeolumBintitan

Konsultasi Dokter Terkait