HomeInfo SehatKesehatan Umum5 Hal yang Anda Perlu Tahu tentang Vertigo
Kesehatan Umum

5 Hal yang Anda Perlu Tahu tentang Vertigo

dr. Theresia Rina Yunita, 23 Jan 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada banyak salah kaprah tentang vertigo yang berkembang di tengah masyarakat. Simak di sini untuk mengetahui faktanya.

5 Hal yang Anda Perlu Tahu tentang Vertigo

Vertigo merupakan sensasi berputar atau pusing berputar yang kadang disertai dengan mual dan muntah. Vertigo biasanya dapat berkurang bila penderita berbaring. Namun, jika gejala vertigo yang muncul cukup parah, berbaring saja tidak cukup.

 

Fakta Mengenai Vertigo

Meski cukup familier, banyak orang masih tidak tahu tentang penyebab dan pencetus vertigo. Berikut adalah lima hal yang Anda perlu tahu mengenai vertigo:

Penyebab vertigo dapat berasal dari otak atau telinga bagian dalam 

Infeksi bagian telinga dalam oleh virus atau bakteri dapat menyebabkan timbulnya vertigo. Selain itu, tumor di otak, trauma pada kepala dan leher juga bisa memicu vertigo.

Hindari gerakan tiba-tiba 

Bagun tidur secara tiba-tiba ternyata salah satu faktor pencetus vertigo lho! Sebaiknya saat bangun tidur, jangan langsung berdiri. Duduklah di pinggir ranjang selama beberapa menit sebelum anda berdiri atau berjalan. Gerakan perubahan posisi secara tiba-tiba dapat memicu kambuhnya pusing berputar.

Penderita diabetes berisiko mengalami vertigo 

 

Salah satu komplikasi diabetes yaitu dapat menimbulkan proses arteroskeloris. Akibatnya terjadi penurunan aliran darah ke otak yang merupakan penyebab timbulnya vertigo.

Sering konsumsi makanan berlemak

Siapa yang tidak suka makanan berlemak seperti daging dan jeroan? Faktanya, banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya mengakibatkan vertigo.

Dehidrasi

Kurang cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu rendah ikut memengaruhi aliran darah ke otak. Kurangnya pasokan darah ke otak dapat memicu vertigo.

Jadi, banyak pemicu vertigo yang sering kali tidak kita sadari. Vertigo dapat diatasi dengan berbaring dan menutup mata sejenak. Namun jika rasa pusing tidak kunjung hilang, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[BA/ RVS]

Penyebab VertigoVertigoPusing

Konsultasi Dokter Terkait