Seks

Cara Mengatasi Nyeri saat Berhubungan Seksual Usai Keguguran

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 26 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Nyeri saat berhubungan seksual setelah mengalami keguguran tentu sangat meresahkan. Bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Nyeri saat Berhubungan Seksual Usai Keguguran

Setelah mengalami keguguran, sebagian wanita mengeluhkan nyeri saat berhubungan seksual. Nyeri tersebut kebanyakan dirasakan di perut bagian bawah. Agar kenikmatan bercinta dengan pasangan tak terganggu rasa nyeri, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab dan solusinya, yaitu:

  1. Rahim belum pulih dari keguguran Sebagian kasus keguguran harus diatasi dengan tindakan kuret atau pemberian obat-obatan. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan semua sisa jaringan janin dan plasenta. Namun tindakan ini juga menyebabkan luka di bagian dalam rahim. Bila jaringan dalam rahim belum pulih benar, hal ini bisa menyebabkan nyeri saat hubungan intim.Bila hal ini yang terjadi, Anda sebaiknya menunda berhubungan seksual dengan pasangan. Tunggu hingga siklus haid berikutnya untuk kembali berhubungan intim, karena kemungkinan besar kondisi rahim telah pulih.
  2. Masih ada sisa plasenta Saat keguguran, ada kemungkinan masih terdapat sisa plasenta yang tertinggal di dalam rahim. Kondisi ini juga dapat menyebabkan nyeri saat hubungan seksual.Adanya sisa plasenta umumnya ditandai dengan perdarahan di luar siklus haid, darah haid lebih banyak dari biasanya, atau nyeri perut bagian bawah. Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan agar sisa plasenta dapat dibersihkan.
  3. Vagina kering Setelah keguguran, hormon estrogen dan progesteron masih dalam keadaan yang tidak stabil. Hal ini bisa menyebabkan jumlah produksi cairan pelumas di vagina berkurang dan berakibat nyeri saat berhubungan seksual. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan cairan pelumas yang banyak dijual di apotik.
  4. Infeksi di rahim Infeksi di rahim merupakan salah satu komplikasi dari keguguran. Umumnya, infeksi rahim ditandai dengan demam, nyeri perut bawah yang hilang dan timbul, atau keputihan yang berbau. Penyakit ini juga bisa menyebabkan nyeri saat bercinta.

Bila mengalami hal ini, Anda sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapat pengobatan yang tepat, agar infeksi dapat segera diatasi.

Agar terhindar dari nyeri saat berhubungan seksual setelah keguguran, penyebab nyeri harus diketahui terlebih dahulu. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari nyeri yang dialami.

[BA/ RVS]

Berhubungan SeksualSeksnyeriNyeri Saat Berhubungan Seksual

Konsultasi Dokter Terkait