HomePsikologiKesehatan Mental3 Cara Unik yang Efektif Usir Galau
Kesehatan Mental

3 Cara Unik yang Efektif Usir Galau

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 25 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Galau akibat kemelut hubungan asmara? Ini cara unik yang efektif untuk mengatasinya.

3 Cara Unik yang Efektif Usir Galau

Banyak yang mengatakan kawula muda saat ini adalah generasi galau. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh suatu perkara dalam hubungan asmara, misalnya ditinggal saat lagi sayang-sayangnya atau karena masalah asmara lainnya.

Sebuah penelitian di Belgia menemukan bahwa perasaan sedih atau galau merupakan emosi yang bertahan cukup lama dibandingkan spektrum emosi lainnya, seperti rasa malu, terkejut, atau bosan. Ini karena galau biasanya berhubungan dengan kejadian penting yang berhubungan erat dengan manusia, maupun pemikiran akan penyesalan dan konsekuensi dari kejadian yang dialami.

Meski terbukti secara ilmiah sebagai perasaan berkepanjangan, bukan berarti Anda harus larut dalam perasaan galau. Berikut beberapa cara unik yang efektif untuk mengusir galau:

1. Makan telur dan minyak ikan

Orang dengan kecenderungan depresi memiliki kadar Eicosapentaenoic Acid (EPA) di bawah normal. Sebuah penelitian pada tahun 2002 menyebutkan, konsumsi 1 gram minyak ikan per hari mampu menurunkan gejala cemas, gangguan tidur, dan keinginan bunuh diri hingga 50%. Eicosapentaenoic Acid (EPA) merupakan komponen omega 3 yang terdapat dalam telur dan minyak ikan.

2. Olahraga

Olahraga rutin terbukti memiliki efek positif untuk membantu mengatasi rasa sedih dan depresi, termasuk galau. Karena kegiatan sehat ini akan memicu tubuh untuk memproduksi hormon endorfin, yang juga dikenal sebagai hormon bahagia. Dengan meningkatnya hormon ini, daya tahan tubuh dan mood Anda juga akan membaik.

3. Berkarya

Galau dan kesedihan merupakan respons alami tubuh dalam menghadapi kejadian yang tidak mengenakkan. Daripada melakukan kegiatan negatif, manfaatkan momen tersebut untuk berkarya. Curahkan perasaan Anda dalam bentuk kegiatan positif, misalnya menulis jurnal, puisi, lagu, atau menggambar. Menemukan wadah yang tepat dapat membantu mempercepat proses dan mempersingkat durasi emosi yang Anda rasakan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengusir galau. Tidak perlu khawatir, kesedihan adalah hal wajar yang dirasakan manusia. Anda tidak perlu menghindar, namun perlu dipahami agar tidak berkembang ke arah yang negatif. Nah, Anda sudah siap jadi generasi bebas galau?

Baca artikel bertema sejenis di sini.

[NB/ RVS]

GalauStresDepresiUsir Galau

Konsultasi Dokter Terkait