Sukses

Inilah Alasan Kenapa Wanita Senang Belanja

Meski lelah, wanita tetap ‘tancap gas’ mengelilingi toko yang belum ‘terjamah’ untuk memenuhi hasrat belanja yang dimilikinya. Kenapa, ya?

Klikdokter.com, Jakarta Wanita dikenal sebagai makhluk yang senang belanja. Gatal rasanya jika melihat baju, sepatu, dan tas yang bertengger di etalase toko. Barang-barang imut nan lucu pun seakan memanggil wanita untuk sekadar melihat atau membelinya.

Pertanyaannya, mengapa wanita sangat doyan belanja? Apakah ini berkaitan dengan fakta medis tertentu?

Belanja, Pria vs Wanita dan Zaman Purbakala

Berdasarkan suatu survey yang dilakukan di Inggris terhadap 2000 orang pada tahun 2013, rata-rata pria sudah merasa bosan ketika mereka ‘baru’ berbelanja selama 30 menit. Sedangkan wanita, mereka bisa menghabiskan waktu setidaknya 2 jam untuk belanja.

Perbedaan signifikan dalam waktu berbelanja tersebut terjadi bukan tanpa sebab. Pria umumnya sudah mengetahui dengan jelas barang apa yang perlu mereka beli. Begitu mendapatkan barang tersebut, pria langsung mengambil, membayarnya, lalu pulang ke rumah.

Lain halnya dengan wanita. Meski mereka juga sudah mengetahui barang apa yang ingin dibeli, wanita cenderung mengelilingi toko tujuan atau bahkan merambah ke toko sebelah untuk mencari barang terbaik yang benar-benar sesuai.

Menurut berbagai ahli psikologi, perbedaan sifat pria dan wanita yang sangat bertolak belakang tersebut memang sudah menjadi ‘bawaan lahir’ alias terpatri dalam gen sejak zaman purbakala.

Sejak ratusan ribu tahun lalu, manusia purba hidup dengan berburu dan mengumpulkan makanan. Berburu adalah tugas pria, sementara mengumpulkan makanan (biasanya buah dan tumbuh-tumbuhan) adalah tugas wanita.

Ketika berburu, pria mengintai mangsa, memanah atau menombak mangsa, lalu langsung membawanya pulang ke rumah. Namun ketika wanita mengumpulkan makanan, ia akan berkeliling dari satu pohon ke pohon lain, dari satu taman ke taman lain, mencari makanan kualitas terbaik untuk dimakan.

Tugas tersebut terekam dalam memori gen, yang hingga kini dibawa oleh manusia modern.
Itulah sebabnya wanita sangat senang berbelanja. Karena hal ini memang sudah menjadi kodrat atau bawaan lahir.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar