HomeInfo SehatReproduksiBenarkah Masalah Keputihan Bisa Sebabkan Susah Hamil?
Reproduksi

Benarkah Masalah Keputihan Bisa Sebabkan Susah Hamil?

dr. Devia Irine Putri, 17 Mei 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beredar informasi jika keputihan menyebabkan wanita susah hamil. Benarkah demikian? Yuk, simak penjelasan dokter berikut ini!

Benarkah Masalah Keputihan Bisa Sebabkan Susah Hamil?

Keputihan adalah kondisi yang umum terjadi pada wanita. Biasanya, kondisi ini dialami wanita menjelang haid. Namun, bisa juga menjadi tanda dari masalah reproduksi wanita.

Beredar informasi jika keputihan disebut-sebut sebagai salah satu penyebab wanita susah hamil. Namun, apakah benar demikian? Untuk tahu kebenarannya, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apakah Keputihan Menyebabkan Sulit Hamil?

Secara sederhana, keputihan dapat diartikan sebagai keluarnya cairan dari vagina. Kondisi ini terbagi menjadi dibagi 2, yaitu keputihan abnormal (tidak normal) dan keputihan normal. 

Keputihan normal ditandai dengan cairan yang keluar dari vagina, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal. Jenis keputihan ini paling sering dialami oleh banyak wanita dan dapat muncul di waktu-waktu tertentu, seperti menjelang haid. 

Sementara keputihan abnormal adalah suatu kondisi keluarnya cairan vagina berbentuk kental, berwarna putih, kuning atau hijau yang berbau tidak sedap, dan menyebabkan gatal-gatal. 

Keputihan tidak normal terjadi akibat adanya infeksi seperti bakteri atau jamur maupun karena penyakit menular seksual.

Lantas, apakah benar keputihan bisa menyebabkan wanita susah hamil? Jawabannya ia, jia keputihan yang dialami tidak normal.

Hal ini dapat disebabkan karena pada keputihan abnormal terjadi proses peradangan dan infeksi yang dapat menghambat proses pembuahan. Apabila tidak segera diatasi, maka infeksi dapat menyebar ke sistem reproduksi lainnya dan menyebabkan wanita jadi sulit hamil. 

Selain itu, pada keputihan abnormal, cairan yang dikeluarkan jumlahnya bisa sangat banyak, kental, dan cenderung menutupi mulut rahim. Dengan kondisi seperti ini, sperma pun akan mengalami kesulitan untuk menembusnya, sehingga pembuahan pun tidak akan terjadi.

Ingin Hamil, Jika Muncul Keputihan Harus Lakukan Ini

Jika masalah keputihan menyebabkan susah kamu, kamu sebaiknya atasi dahulu keputihan yang dialami. 

Konsultasikan masalah keputihan kamu kepada dokter, nantinya dokter akan memberikan obat yang berguna untuk mengatasi keputihan yang dialami. Setelah itu, barulah kamu dan pasangan bisa lebih optimal menjalani program hamil.  

Salah satu penyebab keputihan abnormal adalah infeksi penyakit menular seksual. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan dan pengobatan pada pasangan kamu agar infeksi dapat diatasi tuntas dan masalah keputihan pun tak berulang terjadi.

Selain itu, kamu juga perlu menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan cara berikut:

  • Membasuh vagina dengan air dari arah depan ke belakang dan juga menyekanya dari arah depan ke belakang
  • Hindari menggunakan produk kewanitaan berupa sabun atau tisu basah terutama yang mengandung pewangi
  • Hindari melakukan douche atau menyemprotkan cairan ke dalam vagina
  • Hindari menggunakan pakaian yang ketat 
  • Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan usahakan segera menggantinya apabila terasa basah atau lembap.

Keputihan hal yang normal dialami setiap wanita. Namun, jika keputihan yang kamu alami cukup mengganggu, segera konsultasi ke dokter urologi atau dokter kandungan.

Berikut ini keluhan keputihan yang perlu kamu konsultasikan ke dokter:

  • Jumlah keputihan berlebihan
  • Berbau tidak sedap
  • Menimbulkan rasa gatal di vagina
  • Nyeri saat berhubungan
  • Muncul sensasi terbakar di vagina

Artikel Lainnya: Cara Membersihkan Vagina yang Benar dan Sehat 

Keputihan yang tertangani dengan baik bisa meningkatkan peluang kehamilan lebih tinggi. Oleh karena itu, jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait keputihan yang dialami ya! 

#JagaSehatmu dan gunakan fitur Tanya Dokter dari aplikasi KlikDokter untuk tanya langsung dengan dokter spesialis tepercaya!

(APR/NM)

Susah HamilKeputihanHamil

Konsultasi Dokter Terkait