Kesehatan Umum

Bolehkah Membangunkan Orang yang Tidur Sambil Berjalan?

Kartika Tarigan, 20 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apa yang menyebabkan seseorang tidur sambil berjalan? Bolehkah membangunkannya?

Bolehkah Membangunkan Orang yang Tidur Sambil Berjalan?

Tidur sambil berjalan alias sleepwalking memungkinkan penderitanya beraktivitas meski sedang tidur pulas. Lantas, berbahayakah jika membangunkan orang yang mengalami tidur sambil berjalan?

Faktanya, tidak membangunkan orang yang tidur sambil berjalan akan sangat berbahaya, karena penderita mungkin saja melakukan hal-hal yang membahayakan.

Pasalnya, orang yang mengalami sleepwalking tidak sadar akan hal tersebut. Meski demikian, sleepwalking tidak berbahaya. Menurut dr. Mark Mahowald, seorang ahli dari Stanford University, berjalan saat tidur adalah bagian dari kondisi manusia.

Orang yang tidur sambil berjalan biasanya juga mengigau, sulit dibangunkan, berteriak, dan melakukan tindak kekerasan. Mereka juga tidak ingat, atau hanya bisa mengingat sedikit tentang hal yang dia lakukan. Karena itu, Anda perlu membangunkan orang yang sedang tidur sambil berjalan.

Penyebab tidur sambil berjalan

Lantas, mengapa seseorang bisa mengalami tidur sambil berjalan? Berdasarkan informasi dari situs Mayo Clinic, ada sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami tidur sambil berjalan. Penyebabnya biasanya bisa berasal dari faktor kebiasaaan maupun faktor keadaan saat seseorang tidur, seperti:

1. Kurang tidur

Orang yang kurang tidur dan memiliki jadwal tidur yang berantakan memiliki kemungkinan untuk mengalami gangguan sleepwalking. Sebab, sebelumnya tubuh terbiasa melakukan sejumlah aktivitas yang terekam oleh otak.

2. Efek obat

Beberapa obat dan zat, seperti obat penenang atau kombinasi berbagai obat yang diresepkan untuk penyakit kejiwaan, serta alkohol bisa memicu seseorang mengalami tidur sambil berjalan.

3. Kondisi tubuh

Pernapasan yang tidak teratur, keram kaki, pusing yang tiba-tiba menyerang juga bisa menyebabkan seseorang mengalami sleepwalking.

4. Faktor kebiasaan

Kebiasaan seseorang menunda jam tidur yang mengakibatkan kurang tidur, kelelahan, depresi, kecemasan juga bisa mempengaruhi tidur malam Anda.

Tidur sambil berjalan bukanlah satu kondisi yang membahayakan. Namun jika kejadian tersebut terus berulang pada orang terdekat atau diri sendiri, maka Anda harus mulai melakukan pemeriksaan ke dokter. Selain itu, jangan ragu untuk membangunkan orang yang tidur sambil berjalan.

[BA/ RVS]

tidursleepwalkingTidur sambil berjalan

Konsultasi Dokter Terkait