Kesehatan Umum

Awas, 4 Hal Ini Bisa Bikin Anda Insomnia

Kartika Tarigan, 19 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ternyata beberapa hal berikut ini bisa bikin Anda insomnia atau sulit tidur.

Awas, 4 Hal Ini Bisa Bikin Anda Insomnia

Sulit tidur di malam hari alias insomnia tampaknya terjadi bukan tanpa alasan. Terlalu banyak pikiran adalah salah satu hal yang bisa memicu insomnia. Beberapa hal berikut ini juga bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari.

  1. StresTerlalu banyak pikiran dan khawatir yang berlebihan bisa memicu stres yang menyebabkan sulit tidur di malam hari. Otak menggunakan neurotransmitter yang sama untuk mengatur tidur dan mood. Mood Anda yang berubah berantakan saat stres, dapat menjadi penyebab insomnia. Untuk menghindari kesulitan tidur di malam hari meski sedang stres, Anda bisa mencoba melakukan beberapa hal untuk lebih menenangkan otak. Menurut Nancy Foldvary-Schaefer, DO, direktur di Sleep Disorders Center, Cleveland Clinic, Anda bisa memulai dengan menuliskan hal-hal yang membuat khawatir.Hal tersebut dapat membantu menyingkirkan kecemasan sebelum tidur. Menurut Nancy, kebiasaan merenung di tempat tidur bisa mengubah insomnia akut menjadi insomnia kronis.
  2. Jam KerjaJadwal kerja yang sangat kontras dengan kebutuhan tubuh bisa menjadi salah satu faktor yang memicu sulit tidur malam. Orang-orang dengan jam kerja tidak teratur dan sering berganti shift dapat memiliki tingkat serotonin, hormon, dan neurotransmitter yang lebih rendah di sistem saraf pusat. Padahal tiga hal tersebut sangat membantu mengatur waktu tidur Anda.
  3. PenyakitJika Anda mempunyai satu penyakit, bisa jadi penyakit tersebut kambuh dan mengacaukan jadwal tidur Anda. Contohnya, penyakit mag yang tiba-tiba kambuh beberapa menit sebelum jam tidur malam bisa menyebabkan insomnia. Anda bahkan mungkin akan terjaga sepanjang malam karena menahan rasa sakit. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga dan memastikan bahwa penyakit Anda tidak mengganggu jam tidur di malam hari.
  4. Aktivitas hormonAktivitas dan perubahan hormon bisa memengaruhi jam tidur seseorang. Pada wanita, masa menopause, menstruasi, dan kehamilan bisa menjadi sumber dari masalah kesulitan tidur. Sebuah studi yang dilakukan National Sleep Foundation mengungkapkan, sekitar 40% wanita yang berada di tahun transisi menuju menopause memiliki masalah tidur.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang bisa membuat seseorang mengalami insomnia atau sulit tidur.

[BA/ RVS]

Sulit TidurInsomnia

Konsultasi Dokter Terkait