HomeGaya hidupSehat dan BugarTetap Bugar Meski Kerja di Belakang Laptop Seharian
Sehat dan Bugar

Tetap Bugar Meski Kerja di Belakang Laptop Seharian

Kartika Tarigan, 18 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Duduk di kursi kantor sepanjang hari membuat tubuh kurang bergerak. Ini cara agar tetap bugar meski harus kerja di belakang laptop seharian.

Tetap Bugar Meski Kerja di Belakang Laptop Seharian

Beberapa profesi memang menuntut Anda untuk mengahabiskan waktu dengan kerja di belakang laptop seharian. Padahal, tubuh Anda membutuhkan 15 ribu langkah dalam satu hari agar tetap sehat. Agar tubuh tetap bugar di tengah rutinitas dan tumpukan pekerjaan, Anda bisa menerapkan beberapa cara ini:

  1. Bawa pekerjaan ke luar kantor

Anda bisa mengusulkan kepada atasan dan rekan kerja untuk membawa pekerjaan ke luar kantor. Seperti melakukan meeting di kafe yang berada tidak terlalu jauh dari kantor Anda. Untuk menuju ke kafe, Anda dan rekan kerja sebaiknya menyempatkan untuk berjalan kaki. Tujuannya agar aliran darah semakin lancar.

  1. Berjalan saat menerima telepon

Anda bisa memanfaatkan telepon yang masuk di tengah pekerjaan. Saat menerima telpon, bawa ponsel menjauh dari meja kerja. Ambillah langkah-langkah kecil selagi berbicara dengan orang yang menelpon Anda. Atau Anda juga bisa memilih untuk memasuki satu ruangan di dalam kantor yang sedang tidak digunakan. Sambil menelpon, Anda bisa memutari ruangan tersebut untuk memenuhi kebutuhan langkah kaki Anda.

  1. Olahraga kecil

Daripada hanya duduk terpaku di atas bangku, Anda bisa sedikit mencuri waktu untuk melakukan olahraga kecil. Kemudian manfaatkan bangku kerja untuk melakukan gerakan-gerakan ringan.Anda cukup duduk tegak di kursi sambil kedua tangan memegang perut. Kemudian angkat satu kaki secara horizontal (sekitar 90 derajat dari lantai). Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali. Lalu lakukan gerakan yang pada kaki yang satunya.

  1. Istirahatkan mata

Menatap layar sepanjang hari tidak hanya melemahkan penglihatan Anda, tetapi juga menyebabkan gangguan seperti Computer Vision Syndrome. Ini merupakan istilah umum untuk semua masalah mata yang menatap komputer untuk waktu yang lama. Karena itu, setelah sepanjang hari menatap layar laptop, Anda harus meluangkan waktu untuk mengistirahatkan mata dari radiasi yang dipancarkan laptop. Memberi mata istirahat juga dapat mencegah kerusakan dan gangguan penglihatan.

  1. Cukup minum

Banyak minum air sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Jika menghabiskan banyak waktu untuk duduk di balik laptop, banyak minum air juga bisa menjadi penyelamat Anda. Anda pun memiliki kesempatan untuk bangun dan berjalan untuk mengambil segelas air. Jika banyak minum, Anda akan banyak buang air kecil. Nah, Anda jadi punya kesempatan lagi untuk berdiri dan berjalan.

Jadi, itulah beberapa cara agar tubuh tetap bugar meski kerja di belakang laptop seharian.

[BA/ RH]

BugarkantorKerja di belakang laptop

Konsultasi Dokter Terkait