Sukses

Perlukah Memasukkan Anak ke Klub Olahraga?

Agar olahraga benar-benar bermanfaat bagi anak, perlukah mendaftarkannya ke klub olahraga?

Klikdokter.com, Jakarta Agar manfaat olahraga dalam menunjang tumbuh kembang anak lebih optimal, tidak sedikit orangtua yang berpikiran untuk memasukkan anaknya ke klub olahraga. Tapi, perlukah tindakan ini dilakukan?

Tidak dimungkiri, prinsip olahraga rutin dan teratur perlu diterapkan ke anak sejak dini. Dengan demikian, bukan hanya kesehatan tubuh anak saja yang akan terjaga, tetapi tumbuh kembangnya juga menjadi lebih optimal.

Menjawab pertanyaan di atas, tergantung dari olahraga yang sukai oleh anak. Jika anak Anda menyukai olahraga yang sifatnya beregu –seperti sepakbola, kasti, atau basket, maka sebaiknya Anda mendaftarkannya ke klub olahraga.

Adapun manfaat yang dirasakan anak jika bergabung dengan klub olahraga, antara lain:

  1. Melatih anak bersosialisasi

    Apabila anak ikut serta dalam klub olahraga, mereka akan lebih mudah untuk bersosialisasi dengan teman sebaya yang mempunyai hobi sama. Hal ini akan membuat motivasinya untuk berolahraga terus terjaga.

  2. Mendorong anak untuk belajar sportif

    Dengan mengikuti klub olahraga dan bertanding dalam kelompok, anak akan belajar untuk lebih bijaksana dalam menyikapi kemenangan atau kekalahan yang diraih. Ini akan memupuk sikap sportif pada diri anak.

  3. Meningkatkan kepercayaan diri

    Anak-anak umumnya masih bersifat pemalu. Saat dirinya tergabung dalam klub olahraga di mana terdapat teman sebaya yang memiliki hobi sama, maka rasa malu tersebut akan hilang secara perlahan.

  4. Melatih kerjasama

    Olahraga beregu menuntut kerjasama yang baik antar pemain. Di satu sisi, hal ini juga akan mempupuk sikap tolong-menolong, toleransi, dan empati pada diri anak.

Melihat banyaknya manfaat yang akan dirasakan, tidak ada salahnya jika Anda ingin memasukkan anak ke dalam klub olahraga. Namun jika dirinya tidak ingin, sebaiknya jangan terlalu dipaksakan.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar