Sukses

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak yang Aktif Berolahraga

Memenuhi kebutuhan gizi anak yang aktif berolahraga adalah hal wajib yang tidak bisa disepelekan.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda memiliki anak yang aktif berolahraga? Jika ya, salah satu tindakan yang harus Anda lakukan agar anak tetap aktif adalah memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Faktanya, anak yang aktif berolahraga membutuhkan asupan gizi yang lebih bervariasi. Ini karena anak yang demikian membutuhkan energi lebih untuk menjalankan rutinitasnya sehari-hari.

Jika kebutuhan gizi hariannya tidak terpenuhi, maka risiko anak terserang penyakit akan meningkat. Bahkan bisa mengalami penurunan kecerdasan. Bagaimana solusinya?

  1. Pastikan asupan anak mengandung kalsium dan zat besi

    Kalsium membantu membangun tulang yang kuat, dimana ini dapat mencegah anak terkena cedera tulang selama aktivitas fisik berat. Kalsium bisa ditemukan pada susu, keju, yoghurt, dan sayuran berdaun hijau.

    Sedangkan zat besi membantu pembentukan sel darah merah, yang berperan dalam mengalirkan oksigen ke otak dan mencegah anak mudah lelah. Zat ini bisa ditemukan pada daging merah, kacang-kacangan, dan serealia yang sudah difortifikasi.

  2. Hindari makanan cepat saji

    Selain mengandung bahan pengawet, makanan cepat saji umumnya juga tinggi kalori dan kaborhidrat yang bisa meningkatkan risiko obesitas. Bahkan jika dikonsumsi terlalu sering, makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

  3. Penuhi kebutuhan cairan hariannya

    Anak yang aktif berolahraga akan lebih banyak mengeluarkan cairan dalam bentuk keringat. Jika kebutuhan cairan anak tidak terpenuhi, maka dirinya berpotensi besar mengalami dehidrasi.

Perlu Anda ketahui, dehidrasi adalah suatu kondisi yang mengakibatkan sel-sel tubuh tidak berfungsi dengan baik. Jadi, jika anak mengalami kondisi ini, maka risiko dirinya untuk mengalami gangguan pertumbuhan atau penurunan kecerdasan akan semakin meningkat.

Dengan gizi yang terpenuhi, niscaya anak yang aktif berolahraga akan memiliki perkembangan psikomotorik dan kognitif yang lebih baik.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar