Sukses

Olahraga vs Game Strategi, Mana yang Terbaik untuk Anak?

Di antara olahraga dan game strategi, mana yang terbukti efektif membantu tumbuh kembang anak?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga merupakan suatu kegiatan positif yang dapat menunjang tumbuh kembang anak. Belakangan, game strategi juga diketahui memiliki manfaat serupa. Namun, di antara kedua pilihan ini, mana yang benar-benar terbaik untuk anak?

Olahraga

Olahraga diketahui sangat bermanfaat dalam menunjang kesehatan jantung dan paru-paru anak. Apabila dilakukan secara rutin dan teratur, kegiatan positif ini bisa membuat berat badan dan tinggi anak sesuai dengan usianya.

Tak hanya itu. Faktanya, olahraga juga bermanfaat sebagai media yang digunakan anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya secara langsung. Dengan demikian, sifat toleransi dan empati pada anak akan terasah dengan baik. Tentu saja ini sangat baik untuk membantu perkembangan psikomotorik anak.

Game Strategi

Game strategi adalah sebuah permainan yang diciptakan untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Jika anak memainkan permainan jenis ini, maka kemampuannya untuk mencari jalan keluar terbaik dari sebuah masalah akan semakin meningkat.

Dengan memainkan game strategi, kemampuan anak untuk berkreasi dan berpikir kritis juga semakin terasah. Sehingga, anak dapat lebih berpikir terbuka dan siap untuk menerima segala konsekuensi dari keputusan yang diambil sebelumnya.

Pilihan Terbaik

Olahraga dan game strategi sama-sama memberikan manfaat yang baik bagi perkembangan anak. Di antara keduanya, tidak ada salah satu yang lebih dominan, atau saling mendukung satu sama lain. Olahraga mendukung perkembangan anak dari sisi prikomotorik, sedangkan game strategi dari sisi kognitif.

Jadi mulai saat ini, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengatur waktu anak untuk olahraga dan bermain game strategi secara seimbang. Dengan demikian, ia akan memiliki tumbuh kembang yang lebih optimal.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar