Sukses

Usir Kantuk Tanpa Kopi

Anda ingin mengusir rasa kantuk yang terkadang menyerang? Inilah kiat-kiat yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kantuk tanpa kopi.

Klikdokter.com, Jakarta Rasa kantuk biasa dihadapi oleh manusia setiap saat. Bagi sebagian orang rasa kantuk adalah sesuatu yang tidak diharapkan karena menurunkan produktifitasnya dalam bekerja.

Untuk membangkitkan kesadaran, ada yang mencoba untuk menyeduh kopi, melakukan pijatan-pijatan kecil atau justru mencoba untuk tidur. Berikut di bawah ini adalah kiat-kiat yang patut Anda coba ketika rasa kantuk mulai menyerang:

  1. Atur jadwal tidur normal

    Pengaturan jadwal tidur yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kantuk di siang hari. Tidur di waktu yang tepat akan membantu Anda melawan kelelahan, depresi dan stres. Dengan waktu tidur antara 7-8 jam, hal ini membantu fungsi organ tubuh agar berjalan dengan baik. Pertahankan jadwal bangun dan tidur yang konsisten.

  2. Paparan sinar matahari

    Jika tubuh terpapar sinar matahari pagi minimal 15 menit setiap hari, ini akan membuat Anda tetap waspada dan penuh energi. Sinar matahari juga membantu siklus bangun-tidur karena otak mencatat bahwa inilah saatnya untuk bangun.

    Sinar matahari juga membantu tubuh memproduksi vitamin D. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan masalah tidur, terutama kantuk di siang hari.

  3. Air dingin

    Kapanpun Anda merasa mengantuk, percikkan air dingin ke wajah Anda. Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat menghilangkan perasaan mengantuk dan meningkatkan energi. Anda juga bisa mandi dengan air dingin di pagi hari untuk membantu mengusir kantuk serta memperbaiki sirkulasi darah Anda.

  4. Air lemon

    Minum air lemon di pagi hari adalah cara yang bagus untuk menghilangkan kantuk di siang hari. Air lemon juga berfungsi menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuang racun berbahaya. Dehidrasi mempengaruhi oksigenasi otak sehingga membuat Anda merasa lebih lelah dan mengantuk di siang hari.

Jika rasa kantuk masih menyerang Anda di siang hari, namun Anda enggan meminum secangkir kopi, Anda bisa melakukan salah satu cara hilangkan kantuk yang tertera di atas. Selamat mencoba. Baca juga artikel lainnya di sini

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar