Sukses

3 Cara Sehat Orang Introver Menikmati Waktu Santai

Bagaimanakah cara sehat menikmati waktu santai untuk si introver?

Klikdokter.com, Jakarta Orang dengan kepribadian introvert atau introver memiliki cara sendiri untuk menikmati dan menghabiskan waktu santai. Lalu, apa saja yang perlu dilakukan oleh seorang introver agar bisa menikmati waktu santai menjadi lebih sehat?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan seorang introver untuk menikmati waktu bersantai yang menyehatkan. Seorang introver tidak harus melulu menghabiskan waktu sendirian dan mengurung diri di kamar, tetapi bisa melakukan beberapa hal ini:

  1. Istirahat dan memanjakan diri

    Seorang introver biasanya menghindar dari tempat yang terlalu ramai dan bising. Akhirnya, ia lebih memilih untuk menghabiskan waktu sendiri. Namun, bukan berarti menghabiskan waktu sendiri tidak bisa diisi dengan kegiatan yang tak menyehatkan.

    Saat sedang memiliki waktu santai, ada baiknya orang introver mengisi waktu dengan tidur. Tidur bermanfaat untuk mengumpulkan energi yang sebelumnya terkuras selama menjalani aktivitas sehari-hari.

    Selain tidur, membaca buku pun bisa dipilih untuk mengisi waktu santai. Membaca buku dapat memberikan ‘nutrisi’ bagi otak dan membantu menyegarkan pikiran.

  2. Mengeksplorasi tempat baru

    Introver dikenal sebagai orang yang memiliki kemampuan berpikir yang lebih tajam dan mendalam. Saat berada di tempat baru, seorang introver biasanya akan sibuk mengeksplorasi dan menemukan hal-hal baru.

    Mengeksplorasi hal baru dapat mengasah rasa ingin tahu seorang introver sekaligus melatih kepekaan. Si introver biasanya akan terpacu untuk terus menemukan hal baru di tengah kesunyian dan itu baik bagi kesehatannya.

  3. Lebih kreatif

    Memiliki banyak waktu santai dapat dimanfaatkan seorang introver untuk lebih mengembangkan bakat dan kreativitas. Seorang introver bisa lebih mempelajari hal-hal baru yang menjadi minatnya.

    Introver yang suka melukis bisa mengisi waktu santai dengan belajar teknik-teknik baru dalam seni lukis. Waktu santai juga bisa diisi dengan melakukan yoga atau berolahraga yang sederhana di rumah.

    Menurut Psikolog Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist, orang introver bisa lebih kreatif karena mereka merasa nyaman menghabiskan waktu sendirian, hal tersebut merupakan unsur penting untuk kreativitas.

Jadi, demikian tadi beberapa cara sehat menikmati waktu santai untuk orang introver. Jika Anda masih tertarik dengan topik sejenis, silakan klik di sini

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar