Sukses

Penderita HIV Perlu Konsumsi Makanan Ini

Makanan penuh nutrisi merupakan salah satu kunci agar penderita HIV tetap sehat. Intip 4 pilihan makanan dengan zat gizi unggulan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kandungan nutrisi dalam suatu makanan wajib jadi pertimbangan utama dalam pemilihan menu harian. Makanan tersebut harus berguna untuk membantu mendongkrak daya tahan dalam memerangi kuman pada penderita HIV.

Vonis HIV (Human Immunodeviciency Virus) pada seseorang bisa jadi pukulan terberat bagi dirinya. Pasalnya, virus ini memang tergolong yang sulit dibasmi dan akan melekat seumur hidup di dalam tubuh.

Namun bukan berarti semua itu merupakan akhir dari segalanya. Dengan kedisiplinan dalam pengobatan, gaya hidup sehat dan makanan yang tepat, seorang penderita HIV masih dapat memiliki keseharian yang sehat sama seperti orang lainnya.

Pengobatan dengan anti retroviral (ARV) salah satu kunci penting dalam kesehatan seseorang dengan HIV. Obat ini memang tidak dapat menyembuhkan tapi dapat menghambat perkembangan virus dan mencegah komplikasi yang dapat mengancam kesehatan orang tersebut.

Seperti yang telah diketahui, HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan demikian diperlukan kiat jitu untuk membentengi penderita HIV agar tidak rentan terserang penyakit, salah satunya dengan makanan bergizi.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang perlu dikonsumsi oleh penderita HIV:

Brokoli

Sayuran dengan julukan “the most healthiest food” ini dinilai sebagai makanan paling sehat di dunia. Brokoli menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi orang dengan HIV.

Selain kandungan serat, vitamin K, dan zat besi, brokoli juga kaya akan vitamin C. Sudah bukan rahasia lagi, vitamin C adalah salah satu syarat mutlak untuk pertahanan tubuh seseorang terhadap serangan kuman penyakit.

Teh Hijau

Salah satu nutrisi yang wajib terdapat dalam menu makanan orang dengan HIV adalah antioksidan. Antioksidan akan membantu memerangi radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Teh hijau adalah salah minuman kaya antioksidan yang segar sekaligus menyehatkan.

Ubi Jalar

Ubi jalar dapat menjadi salah satu alternatif makanan yang sangat baik dikonsumsi orang dengan HIV. Makanan murah meriah ini kaya akan vitamin A yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan lapisan terluar saluran cerna.

Dalam dunia medis, salah satu komplikasi HIV yang kerap ditemui adalah diare. Diare berkepanjangan dapat mengancam nyawa penderitanya karena menyebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi. Karena itu, kekuatan dan kesehatan saluran cerna adalah yang utama dalam mencegah salah satu komplikasi berbahaya ini.

Buah Bit

Buah bit ternyata juga tidak kalah bermanfaat bagi orang dengan HIV. Selain kandungan serat dan vitamin C nya yang tinggi, bit juga mengandung senyawa nitrit yang baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah hipertensi.

Kesehatan pembuluh darah dalam tubuh seorang penderita HIV sangat penting terjaga baik agar proses regenerasi sel-sel tubuhnya berlangsung optimal dan tehindar dari kerusakan.

Jadi, pastikan pilihan bahan makanan bernutrisi terdapat dalam menu harian penderita HIV. Semua itu akan sangat bermanfaat bagi kualitas hidupnya agar tetap terjaga. Baca juga artikel serupa di sini

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar