Sukses

Kanker Penis, Ketika Penis Membesar Tanpa Ereksi

Penis tiba-tiba membesar tanpa ereksi? Jangan gede rasa, bisa jadi hal itu disebabkan oleh kanker penis.

Klikdokter.com, Jakarta Pria mana yang tidak ingin memiliki penis yang besar? Selain menambah rasa percaya diri, penis besar juga dipercaya dapat menambah kepuasan seksual lawan jenis. Di balik itu, tahukah Anda bahwa ukuran penis yang besar bisa menjadi pertanda adanya kanker penis?

Kanker penis merupakan kondisi yang terjadi saat penis membesar tanpa adanya ereksi akibat rangsangan. Kondisi ini biasanya disertai nyeri, radang, atau luka akibat sebab yang tidak jelas.

Adapun gejala lain yang biasanya hadir akibat kanker penis, seperti luka di kulit penis yang tidak kunjung sembuh, serta perubahan warna pada kulit penis. Pada taraf lanjut, penderita kanker penis juga akan mengalami benjolan di lipat paha.

Untuk mendeteksi kehadiran kanker penis, dr. Mega Putri menyarankan pasien untuk melakukan pemeriksaan fisik pada organ intim. Nantinya, pemeriksaan ini turut menentukan jenis terapi yang dilakukan, stadium kanker, lokasi kanker dan besarnya kanker.

“Bila masih dini, maka terapinya adalah pembedahan. Selain itu, dapat dilakukan tindakan radiasi untuk mematikan sel tumor yang masih tersisa. Sedangkan untuk mematikan sel tumor yang mungkin sudah menyebar ke organ tubuh lain, dilakukan kemoterapi," katanya.

Dokter lulusan Universitas Pelita Harapan ini juga mengungkapkan, salah satu faktor yang dapat mencegah terjadinya kanker penis adalah sunat.

"Pria yang sudah sunat, terutama pada saat bayi atau anak-anak, kemungkinan untuk mengalami kanker penis akan berkurang. Sedangkan pada usia dewasa, sunat tidak signifikan dalam mengurangi kemungkinan terjadinya kanker," tuturnya.

Meski begitu, penyebab kanker penis belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Beberapa hal yang diduga berpengaruh pada penyakit ini, antara lain:

  • Semakin tua usia pria, risiko terkena penyakit ini semakin tinggi
  • Pria yang tidak menjalani sunat (sirkumsisi)
  • Kebersihan daerah kemaluan yang tidak terjaga
  • Infeksi Human Papilloma-Virus (HPV)
  • Merokok
  • Berhubungan intim berganti-ganti pasangan
  • Kondisi fimosis, atau tertutupnya saluran pembuangan akibat lubang bagian depan yang menutup dan menyebabkan sulit buang air kecil.

Mulai saat ini, jangan terlalu percaya diri dengan ukuran penis yang besar. Karena kondisi penis besar tanpa ereksi bisa menjadi pertanda adanya kanker penis. Tetap waspada, tetap jaga kesehatan Anda!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar