Sukses

7 Cara Praktis yang Efektif Hilangkan Stres

Tidak perlu repot, inilah 7 cara praktis untuk hilangkan stres dan beban pikiran yang sering dialami oleh masyarakat perkotaan.

Klikdokter.com, Jakarta Anda yang tinggal dan bekerja di kota pasti kerap mendapatkan tekanan dari berbagai arah. Hal ini tentu saja memicu munculnya stres dan beban pikiran.

Tak perlu cemas. Ada cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk merawat kesehatan mental. Berikut 7 cara praktis hilangkan stres dan beban pikiran yang bisa Anda coba:

  1. Olahraga

    Rutinitas yang baik untuk dilakukan secara rutin dan teratur adalah olahraga. Cobalah untuk berolahraga intens selama 30 menit setiap harinya. Untuk hasil yang terbaik, tidak ada salahnya untuk berenang, jogging atau olahraga lain yang membuat denyut jantung meningkat.

  2. Menarik napas dalam-dalam

    Menarik napas dalam-dalam bisa menghilangkan tekanan stres yang Anda alami dengan segera. Duduklah di posisi nyaman dengan tangan di pangkuan dan kaki di lantai. Dengan kondisi mata yang tertutup, bayangkan diri Anda ada di tempat yang santai. Lakukan hal ini selama 5-10 menit.

  3. Makan teratur

    Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang membantu Anda merasa lebih baik. Jenis makanan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah sayuran, buah, biji-bijian, dan makanan berprotein tanpa kandungan lemak.

  4. Menyediakan waktu luang

    Anda perlu meluangkan waktu, agar pikiran bisa terlepas dari stres dan beban pikiran. Hal-hal yang bisa Anda lakukan adalah meditasi, yoga, Tai Chi atau mendengarkan musik favorit.

    Selain itu, rekreasi juga baik untuk menghilangkan stres yang Anda alami. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki waktu luang untuk melakukan aktivitas ini.

  5. Bercerita dengan orang yang dipercaya

    Anda bisa membicarakan hal-hal yang membuat Anda stres dengan keluarga, teman, dokter atau terapis. Anda juga bisa mencoba berbicara dengan diri sendiri untuk mendengarkan apa yang ada di otak saat stres. Cobalah untuk mengubah pikiran negatif menjadi positif. Dengan ini, stres akan hilang dan pikiran Anda pun akan tenang.

  6. Jauhi pemicu stres

    Cari tahu apa yang menyebabkan Anda stres. Apakah beban kerja, kisah asmara, perasaan dendam atau hal lainnya. Jika Anda sudah menemukannya, tentukan cara terbaik untuk menghindari, menghapus, atau setidaknya mengurangi paparan pemicu tersebut.

  7. Perlahan dan santai

    Agar tidak stres, lakukanlah segudang aktivitas Anda dengan perlahan dan santai. Jangan lakukan semua pekerjaan besar sekaligus. Pecahlah pekerjaan besar menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil.

Pada dasarnya, stres adalah bagaimana seseorang memandang sebuah peristiwa. Ini sangat bergantung pada kepribadian masing-masing individu. Karena itu, pilihlah cara ternyaman yang bisa Anda lakukan, agar stres dan beban pikiran dapat benar-benar hilang. Tertarik untuk menyiasati stress, baca juga di sini

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar