Darah

Sakit Hati Bikin Anda Mudah Memar

Reza Pahlefi, 12 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda mudah memar? Jangan-jangan hati Anda bermasalah.

Sakit Hati Bikin Anda Mudah Memar

Anda mungkin tak pernah menganggap serius saat tubuh Anda mudah memar. Saran kami, ubah hal tersebut. Hal cukup serius di balik kebiasaan tersebut adalah terganggunya organ hati Anda.

Hati merupakan salah organ yang sangat luar biasa. Beberapa fungsi organ yang satu ini adalah sebagai penawar racun yang masuk ke dalam tubuh, memetabolisme obat, menghasilkan empedu, menghasilkan protein dalam tubuh, menghasilkan hormon, serta menghasilkan faktor pembekuan darah.

Saat hati Anda terganggu, jangan kaget kalau Anda berhadapan dengan berbagai masalah. Sebab tugas yang diembannya memang tak sedikit dan tak bisa dianggap remeh.

Pembekuan darah

Salah satu masalah yang dapat timbul akibat gangguan hati adalah masalah pada pembekuan darah. Sebelumnya, di atas telah dijelaskan mengenai peran hati dalam menghasilkan zat yang berperan dalam proses pembekuan darah.

Gejala yang timbul akibat terganggunya proses pembekuan darah adalah mudah memar dan pendarahan yang sulit berhenti. Memar yang terjadi pada orang dengan gangguan pembekuan darah biasanya muncul baik dengan benturan ringan atau tanpa adanya penyebab apapun.

Memar sendiri paling sering timbul pada persendian seperti sendi lutut dan lengan. Biasanya akan menghilang dalam beberapa hari hingga minggu. Namun, jika memar dibiarkan terjadi berulang-ulang kali, maka akan terbentuk jaringan ikat pada sendi sehingga dapat menyebabkan kekakuan pada sendi.

Jika mudah memar, segera berkonsultasi pada dokter untuk untuk mendeteksi apakah ada kelainan pada organ hati Anda. Bila ditemukan ada gangguan, penanganan dapat segera dilakukan untuk mencegah komplikasi lebih buruk di kemudian hari.

Anda bisa konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(DA/ RH)

Sakit HatiHatimemar