Diet dan Nutrisi

Kembali Langsing usai Lebaran Berkat Jus Buah

dr. Karin Wiradarma, 10 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Lebaran telah usai. Kini saatnya untuk menetralkan santan dengan jus buah!

Kembali Langsing usai Lebaran Berkat Jus Buah

Naiknya berat badan usai Lebaran bukan hal aneh. Memang sulit menahan godaan ketupat, opor, dan sambal goreng ati saat semua orang menyantapnya. Tapi tenang, jus buah dapat membantu timbangan Anda kembali ideal.

Tunggu, jus buah saja? Tentu tidak. Memang ada tipe diet yang menganjurkan untuk mengonsumsi jus buah sepanjang hari (sebagai pengganti makanan sehari-hari yang Anda konsumsi). Cara ini, tak dimungkiri, dapat menurunkan berat badan secara drastis.

Namun, hal tersebut tidak disarankan. Selain tidak mendapatkan gizi yang lengkap, ada beberapa efek samping yang bisa Anda alami. Mulai dari sakit kepala, mual, lemas, dan diare.

Anda tetap dapat mendapatkan manfaat dari diet jus buah ini. Aturannya mudah: konsumsi sarapan dan makan siang secukupnya seperti biasa; sementara itu, makan malam dapat digantikan dengan jus buah.

Selain itu, daripada ngemil makanan yang tidak sehat dan bikin gemuk, Anda juga bisa mengonsumsi jus buah. Apa sajakah jus buah yang bagus untuk tubuh?

Jus Lemon

Jus lemon dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, lemon pun kaya akan vitamin C yang dapat membantu membakar lemak ketika Anda berolahraga.

Jus Apel

Siapa bilang jus apel tak enak dan terlalu polos? Anda dapat mencampur apel dengan timun, yang ditambahkan dengan sedikit jahe.

Jus Nanas

Sebagai alternatif lain, Anda dapat mencoba jus nanas, jeruk, dan wortel untuk diet sehat. Rasanya yang unik akan membuat Anda ketagihan.

Selain jus-jus di atas, Anda juga dapat berkreasi dengan alternatif buah lain untuk rasa yang baru dan nikmat. Dengan mengonsumsi jus buah, timbangan Anda akan kembali ideal usai Lebaran. Bye-bye, lemak-lemak nakal!

[RS/ RH]

Jus BuahLangsingLebaran

Konsultasi Dokter Terkait