HomeInfo SehatDiabetesBrokoli untuk Penderita Diabetes Tipe 2
Diabetes

Brokoli untuk Penderita Diabetes Tipe 2

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 11 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Brokoli disebut-sebut berpotensi untuk melawan diabetes tipe 2. Apa keunggulan sayuran ini?

Brokoli untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling umum ditemukan. Dikutip dari livescience.com, diabetes tipe 2 telah menyerang lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia. 

Diabetes adalah suatu kondisi ketika terjadi peningkatan kadar glukosa darah. Diabetes yang tidak terkontrol dan terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan gangguan pada ginjal dan komplikasi jantung. 

Oleh karena itu, memastikan gula darah Anda tetap stabil itu penting. Salah satu caranya adalah dengan mengontrol makanan. 

Anda harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, contohnya makanan siap saji. Sebaiknya, konsumsilah banyak sayur dan buah yang diperkaya dengan serat. 

Brokoli dikatakan sebagai makanan yang dapat bermanfaat untuk penyakit diabetes tipe 2. Mari simak manfaat brokoli untuk diabetes di bawah ini. 

Manfaat Brokoli untuk Diabetes 

Sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan, brokoli memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. Brokoli disebut mampu memperlambat dan berpotensi untuk melawan penyakit ini. 

Penelitian dilakukan terhadap 50 orang yang menunjukkan gejala diabetes tipe 2, salah satunya kegemukan dan obesitas

Para ilmuwan menemukan senyawa yang disebut sulforaphane dalam brokoli. Sulforaphane dianggap mampu melawan diabetes yang menyerang tubuh. 

Sehingga, banyak mengonsumsi brokoli bisa menjadi upaya pencegahan dari penyakit diabetes tipe 2. 

Artikel lainnya: Konsumsi Brokoli Guna Mencegah Kanker Prostat 

Penelitian dilakukan dengan memberikan sulforaphane kepada pasien obesitas dalam bentuk ekstrak brokoli. Ternyata, senyawa tersebut meningkatkan kemampuan sistem tubuh pasien untuk mengendalikan kadar gula dan mengurangi produksi glukosa. 

Selain itu, brokoli sangat kaya akan serat. Serat akan dimetabolisme secara perlahan sehingga mencegah gula darah meningkat dengan cepat. Brokoli sendiri juga sangat rendah gula sehingga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menelaah efek brokoli terhadap resistensi insulin pasien diabetes tipe 2. Hasilnya, ternyata sayuran hijau ini dapat meningkatkan aktivitas insulin dengan baik. 

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung brokoli sebagai sayuran untuk diabetes. 

Tetap Boleh Dikonsumsi?

Kadar gula yang tinggi dan produksi gula berlebih merupakan dua gejala diabetes yang dapat memicu penyakit lainnya, seperti arteri koroner, kerusakan saraf, dan kebutaan. 

Selain itu, diabetes tipe 2 dan obesitas adalah dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. 

Penderita obesitas umumnya memiliki kelebihan lemak dalam hati yang membuat tubuh kurang sensitif terhadap hormon insulin. Gangguan tersebut dapat menyulitkan organ untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Hingga kini, penelitian masih terus dilakukan untuk menemukan alternatif terapi selain dengan penggunaan obat-obatan. 

Artikel lainnya: Manfaat Istimewa Brokoli untuk Kulit Anda 

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan vitamin dan sangat mudah diolah untuk konsumsi harian.

Jadi, mulai sekarang tak ada salahnya untuk memasukkan brokoli ke dalam menu diabetes Anda. Sajikan dengan varian yang menarik agar enak dan tak membosankan.

Dalam sekitar 100 gram brokoli mengandung hanya 27 kalori dan 3 gram karbohidrat bersamaan dengan vitamin C dan magnesium. 

Perhatikan juga, jangan menyimpan brokoli di freezer, karena hal ini dapat merusaknya. Brokoli dapat Anda konsumsi dengan cara dikukus, direbus, atau ditumis. 

Itulah penjelasan seputar manfaat brokoli untuk diabetes, khususnya diabetes tipe 2. 

Selain dengan konsumsi makanan bergizi, terapkan juga kebiasaan sehat lainnya guna mengendalikan gula darah, seperti olahraga teratur, rutin mengecek gula darah, kelola stres dengan baik, dan lainnya. 

Jika memiliki pertanyaan seputar topik ini, tanyakan langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

BrokoliDiabetesDiabetes Type 2

Konsultasi Dokter Terkait