Tips Parenting

4 Buku Dongeng Inspiratif untuk Anak

dr. Karin Wiradarma, 06 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Orangtua kerap membacakan dongeng untuk anaknya sebagai pengantar tidur. Buku apa yang inspiratif untuk anak?

4 Buku Dongeng Inspiratif untuk Anak

Dengan membaca buku, anak dapat memperkaya otaknya dengan perbendaharaan kata baru. Tak hanya itu, anak pun bisa mendapatkan pelajaran moral dan pendidikan karakter melalui buku-buku yang memiliki pesan moral yang baik.

Dengan ilmu pengetahuan yang luas dan karakter yang luhur, anak diharapkan dapat lebih berhasil dalam sekolah, pekerjaan, dan kehidupan secara keseluruhan. Karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menumbukan minat membaca dalam diri anak.

Untuk menumbukan minat baca anak, Anda harus sering-sering mengajak anak Anda untuk membaca buku bersama. Anda juga bisa membacakan dongeng untuknya sebelum tidur.

Berikut ini rekomendasi 4 buku dongeng inspiratif yang dapat Anda bacakan untuk pengantar anak tidur:

  1. Kitab suci untuk anak Kini telah banyak tersedia cerita-cerita kitab suci untuk anak. Dikemas dengan gambar dan warna-warna yang menarik, kitab suci bisa memancing anak tertarik untuk mendengar kisah-kisah inspiratif yang tertulis di dalamnya.
  2. Cerita rakyat Banyak cerita rakyat yang mengandung pesan moral yang baik untuk anak. Selain mendapatkan pendidikan karakter, anak juga diajarkan untuk lebih mencintai budaya bangsa.
  3. Dongeng Hans Christian Andersen Cerita dongeng yang ditulis oleh Hans Christian Andersen adalah cerita yang tak lekang dimakan waktu, misalnya Thumbellina, Itik Buruk Rupa, Ratu Salju, dan lainnya. Anda pun bisa bernostalgia sambil berbagi dongeng dengan anak Anda.
  4. Dongeng Grimm Bersaudara Cerita dongeng karya Grimm Bersaudara pun telah dikenal luas oleh banyak orang, seperti Cinderella, Puteri Salju, Hansel dan Gretel, Rapunzel, dan lainnya.

Jadi biasakan membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur karena dapat memberikan segudang manfaat salah satunya menstimulasi otak dan mengembangkan kemampuan bahasa si kecil. Selamat mencoba!

[DA/ RVS]

dongengdongeng anakbuku dongeng

Konsultasi Dokter Terkait