Sehat dan Bugar

6 Penyebab Tubuh Anda Cepat Lelah

Gerardus Septian Kalis, 04 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan sepelekan rasa lelah yang menyerang Anda. Segera kenali penyebabnya agar terhindar dari risiko yang membahayakan kesehatan Anda.

6 Penyebab Tubuh Anda Cepat Lelah

Meninggalnya seorang dokter spesialis anestesi bernama Stefanus Taofik saat sedang bertugas, beberapa waktu lalu, ramai diperbincangan masyarakat. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menduga dokter muda itu menderita penyakit brugada syndrome. Namun kabar yang beredar di tengah masyarakat menyebutkan bahwa kematian tersebut diakibatkan karena sang dokter menderita kelelahan.

Lalu bagaimana agar secara fisik dan mental tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik tanpa merasa cepat lelah? Para ahli mengungkapkan, bahwa kebiasaan buruk bisa mengakibatkan tubuh cepat lelah.

Kebiasaan buruk penyebab rasa lelah yang sering Anda lakukan diantaranya:

  1. Melewatkan olahraga saat lelah

Saat Anda merasa lelah dan segera ingin istirahat, sebaiknya lakukan olahraga ringan 20 menit sebelum benar-benar istirahat. Sebuah studi di University of Georgia menyebutkan, olahraga teratur meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Selain itu juga membantu sistem kardiovaskular berjalan lebih efisien dan memberikan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Lakukan hal ini secara rutin agar Anda lebih bersemangat.

  1. Kurang minum air putih

Menurut Amy Goodson, RD, ahli diet kesehatan Ben Hogan Sports Medicine Texas, dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah, akibatnya darah menjadi lebih kental. Pengentalan darah mengakibatkan tugas jantung untuk memompa darah kurang efisien, sehingga mengurangi kecepatan oksigen dan nutrisi mencapai otot dan organ tubuh.

  1. Kurang konsumsi zat besi

Kekurangan zat besi menyebabkan Anda lesu, lemah, dan tidak bisa fokus. Untuk mengurangi risiko anemia, tingkatkan asupan zat besi dengan mengonsumsi daging sapi tanpa lemak, kacang merah, tahu, telur (termasuk kuning telur), sayuran berdaun hijau gelap,dan kacang-kacangan. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi.

  1. Melewatkan sarapan

Saat Anda tidur di malam hari, tubuh menggunakan konsumsi makan malam Anda untuk memompa darah dan oksigen tetap mengalir. Jadi, ketika Anda bangun di pagi hari, Anda perlu mengisi ‘bahan bakar’ dengan sarapan pagi. Menurut Goodson, sarapan bagai menyalakan api di tubuh Anda untuk memulai metabolisme Anda. Ia merekomendasikan sarapan pagi yang mencakup biji-bijian dan protein tanpa lemak.

  1. Sering mengonsumsi gula dan karbohidrat

Kenaikan gula darah secara konstan menyebabkan kelelahan sepanjang hari. Agar gula darah tetap stabil, konsumsilah gandum dan makanan yang mengandung protein tanpa lemak. Pilihan baik lainnya ayam panggang, nasi merah, salmon, ubi dan buah.

  1. Konsumsi kafein berlebihan

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi tiga cangkir kopi setiap hari baik untuk kesehatan. Tetapi, mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat mengganggu siklus tidur-bangun Anda. Kafein memblokir adenosin, produk sampingan dari sel aktif yang mendorong Anda tidur. Sebuah studi dari Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan, bahwa mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur mempengaruhi waktu istirahat Anda.

Dengan mengenali penyebab rasa lelah, Anda bisa terhindar dari beragam risiko penyakit yang bisa menyerang kesehatan tubuh Anda.

[RVS]

lelahtubuh cepat lelah

Konsultasi Dokter Terkait