HomePsikologiKesehatan MentalKenapa Putus Cinta Bikin Badan Lemas?
Kesehatan Mental

Kenapa Putus Cinta Bikin Badan Lemas?

dr. Ellen Theodora, 03 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jatuh cinta dapat membuat perasaan berbunga-bunga. Sedangkan putus cinta justru bikin badan lemas tak berdaya.

Kenapa Putus Cinta Bikin Badan Lemas?

Setiap manusia berhak menikmati indahnya jatuh cinta. Akan tetapi, tidak semuanya siap untuk putus cinta. Karena kondisi ini dapat memengaruhi kondisi fisik seseorang, hingga timbul keluhan badan lemas.

Ya, badan lemas tidak melulu berhubungan dengan penyakit. Karena kondisi ini juga dapat disebabkan oleh gangguan emosional berlebihan, seperti dilanda kesedihan, perasaan bersalah, depresi, takut, malu, kecewa, dan sebagainya.

Di saat seseorang putus cinta, segala macam emosi tersebut bercampur aduk menjadi satu. Kemudian, hal itu menghasilkan gangguansebagai berikut:

1. Gangguan mental (psikologi)

Putus cinta kerap menyebabkan beban pikiran yang berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan sulit istirahat atau tidur di malam hari. Alhasil, badan lemas di pagi hari sangat sulit dihindari.

2. Gangguan fisik (sebab-akibat)

Badan lemas akibat gangguan psikologi dapat mengancam nyawa. Karena pada kondisi ini, penderita dapat berpikir untuk melukai dirinya sendiri. Jika ini sampai terjadi, maka dapat dikatakan bahwa penderita memasuki fase depresi yang harus segera ditangani.

Putus cinta memang menyedihkan dan bisa menyebabkan badan lemas atau gangguan kesehatan lainnya. Namun Anda harus kuat menghadapi cobaan ini, agar mental dan fisik Anda terlatih untuk menjadi lebih kuat di masa depan.

[NB/ RVS]

Putus CintaCintaBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait