Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatGigi MulutJangan Sekali-kali Remehkan 5 Masalah Gigi Ini
Gigi Mulut

Jangan Sekali-kali Remehkan 5 Masalah Gigi Ini

drg. Callista Argentina, 28 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Masalah gigi bukan hanya sekedar gigi berlubang saja. Ada banyak masalah yang bisa membuat Anda sengsara gara-gara gigi.

Jangan Sekali-kali Remehkan 5 Masalah Gigi Ini

Siapa yang tak ingin memiliki gigi sehat, putih bersih, dan kuat sampai usia tua? Kalau Anda juga menginginkannya, jangan remehkan lima masalah gigi ini:

  1. Tambalan gigi yang patah dan lepasSaat tambalan gigi patah dan lepas, butuh waktu beberapa lama hingga masalah timbul. Biasanya Anda baru akan menyadarinya ketika terjadi masalah yang berat seperti abses gigi dan sakit gigi yang hebat.Gigi yang patah, bisa menandakan adanya lubang pada gigi tersebut. Walaupun Anda tidak pernah merasakan rasa sakit sama sekali.Pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah berkumur dengan air garam hangat untuk menjaga kebersihan dan mengurangi rasa nyerinya. Kemudian segera periksakan keluhan Anda, karena masalah ini hanya bisa ditangani oleh perawatan di dokter gigi.
  2. Gusi berdarahGusi berdarah tidak menimbulkan rasa sakit. Inilah yang membuat banyak orang tidak menyadarinya –kecuali saat mengalami gusi berdarah saat sedang menyikat gigi dan merasa nafas kurang sedap.Gejala lain seperti pembengkakan dan perubahan warna pada gusi biasanya juga tidak Anda sadari. Masalah gusi akan lebih parah jika Anda juga menderita penyakit lain –seperti diabetes. Tanda-tanda lainnya adalah mulut kering dan nafas berbau.
  3. Luka di dalam mulut yang tak kunjung sembuhBila terdapat luka di dalam mulut dan lidah, seperti sariawan yang tak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, Anda patut curiga. Segera periksakan karena bisa jadi ini adalah pertanda awal kanker mulut.Selain itu penggunaan tembakau, merokok, diet yang ekstrim, riwayat keturunan dan HPV juga sering dengan kanker mulut.
  4. Gigi goyangJika Anda tiba-tiba mengalami satu atau beberapa gigi goyang sekaligus, bisa jadi Anda mengalami penyakit gusi yang berat. Gigi goyang juga merupakan pertanda osteoporosis dan diabetes. Gigi goyang yang sudah tidak bisa dirawat lagi terpaksa harus dicabut dan digantikan dengan gigi palsu. Tapi tahukah Anda bahwa kemampuan gigi palsu untuk mengunyah makanan hanya 1/5 dari gigi asli. Artinya, orang dengan gigi palsu tidak dapat mengunyah makanan dengan efektif.
  5. Sisa Makanan terjebak diantara gigi.Waspadalah jika Anda selalu mendapati makanan terjebak di antara gigi dan selalu di tempat yang sama. Tusuk gigi, hanya dapat mengeluarkan sebagian sisa makanan saja dan sisanya tetap tertinggal serta membusuk. Biasanya hanya yang terdapat di luar saja,. keadaan ini lambat laun berpotensi memicu karies di bawah gusi. Biasanya ditandai rasa sakit yang hebat setiap kali Anda mengunyah.

Kelima masalah gigi tersebut seringkali diabaikan. Kalau tak mau menyesal di kemudian hari, rawatlah selalu gigi Anda. Jangan lupa, periksakan kesehatan gigi setiap enam bulan.

(DA/ RH)

GigiMasalah GigiSakit Gigi

Konsultasi Dokter Terkait