HomeInfo SehatOtot dan SendiMengatasi Nyeri Leher dengan Rehabilitasi Medik
Otot dan Sendi

Mengatasi Nyeri Leher dengan Rehabilitasi Medik

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 26 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pendekatan rehabilitasi medik dapat membantu menangani nyeri leher.

Mengatasi Nyeri Leher dengan Rehabilitasi Medik

Tak hanya dengan obat-obatan, nyeri leher juga dapat disembuhkan dengan rehabilitasi medik. Jika istilah ini masih baru bagi Anda, rehabilitasi medik adalah latihan fisik pada daerah yang terganggu, dengan bantuan dokter rehabilitasi medik.

Ketika pasien berkunjung ke dokter rehabilitasi medik, hal pertama yang akan dilakukan adalah pemeriksaan secara menyeluruh pada tubuh. Kekuatan leher, refleks, dan berbagai keluhan rasa sakit akan diteliti.

Saat rehabilitasi medik, pasien akan diminta untuk melakukan peregangan dan latihan kekuatan. Peregangan ini bertujuan untuk “menenangkan” leher Anda yang kaku, serta mengembalikan fungsi normal leher. Sementara itu, latihan kekuatan dapat membantu mengurangi nyeri leher.

Manuver gerakan juga dapat dilakukan untuk menangani nyeri leher, seperti penarikan leher pada kasus penyakit diskus servikal. Penarikan leher ini berfungsi untuk mengurangi tekanan pada leher.

Selain manuver gerakan, pasien juga dapat menggunakan bantal servikal. Bantal ini dibuat khusus untuk menahan posisi leher saat tidur. Sehingga, pasien tidak tidur dengan posisi leher yang salah yang dapat memperburuk kondisi.

Pada pasien yang mengalami kecelakaan pada bagian leher, penggunaan collar neck disarankan untuk mengurangi pergerakan leher yang berlebihan.

Nah, jika Anda sering mengalami nyeri leher, segeralah periksakan diri Anda. Karena penanganan yang tepat dari dokter rehabilitasi medik akan mengurangi derajat kerusakan leher yang Anda alami.

[RS/ RVS]

Nyeri LeherRehabilitasi MedikDokter Rehabilitasi Medik

Konsultasi Dokter Terkait