Diet dan Nutrisi

4 Menu Sehat untuk Sahur dan Buka Puasa

Tim Redaksi KlikDokter, 24 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Asupan nutrisi cukup berperan penting dalam menjalankan ibadah puasa. Lantas apa saja menu sehat untuk sahur dan buka puasa?

4 Menu Sehat untuk Sahur dan Buka Puasa

Selain jumlah, komposisi asupan nutrisi juga berperan penting bagi kesehatan tubuh, khususnya di bulan puasa. Sebab, masing-masing komponen nutrisi –seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral memiliki fungsi berbeda bagi tubuh.

Agar tak salah langkah, berikut ini menu sehat untuk sahur dan buka puasa yang bisa jadi panduan Anda:

1. Siapkan takjil secukupnya

Menyantap beraneka macam takjil terkadang membuat Anda kekenyangan. Akibatnya, tidak ada lagi ruang yang tersisa untuk menyantap makanan utama. Padahal, makanan utama jauh lebih penting.Pada makanan utama biasanya terdapat komposisi karbohidrat, lemak, protein, dan serat dari sayuran. Karena itu, Anda peru membatasi asupan jumlah takjil saat buka puasa agar makanan utama tetap dapat dikonsumsi.

2. Perbanyak makan buah dan sayur

Kandungan vitamin dan mineral paling banyak terdapat dalam buah dan sayur. Jadi, usahakan untuk menyantap buah dan sayur saat sahur dan buka puasa. Bila perlu, jadikan buah dan sayur sebagai menu buka puasa untuk menggantikan minuman manis, kue, dan gorengan.

3. Pilih sumber protein yang berkualitas

Protein merupakan zat yang berperan dalam menggantikan sel-sel tubuh yang rusak. Selama bulan puasa, konsumsi protein sangat penting agar tubuh tetap bugar.Anda bisa memperbanyak konsumsi sumber protein seperti ikan, daging, ayam, telur, susu, tahu, tempe sebagai menu sehat saat sahur dan berbuka.

4. Kurangi makan gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan favorit saat buka puasa. Mengonsumsi gorengan sebenarnya sah-sah saja, tetapi Anda perlu membatasi jumlahnya. Mengapa demikian?Selain tinggi lemak, gorengan juga dapat memicu batuk bila dikonsumsi secara berlebihan.

Hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan Anda selama menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin C saat sahur untuk menjaga daya tahan tubuh selama puasa. Makanan yang mengandung omega 3 juga baik untuk mengontrol kadar kolesterol.

Blackmores Odourless Fish Oil 1000 merupakan sumber alami Omega-3, yang membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar trigliserida (lemak jahat) di dalam darah, menjaga fungsi optimal mata dan otak, serta membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi akibat osteoarthritis.

Nah, demikian tadi beberapa menu sehat untuk sahur dan buka puasa. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan jumlah dan komposisi asupan nutrisi selama bulan puasa, agar puasa tetep lancar hingga hari raya. 

Jangan lupa jika kalian memiliki keluhan terhadap kesehatan, segera konsultasikan langsung dengan dokter melalui layanan Live Chat Klikdokter, atau bisa juga dengan cara Download Aplikasi Klikdokter untuk konsultasi dengan dokter langsung.

[BA/ RH]

Menu SahurBuka PuasaSahur

Konsultasi Dokter Terkait