HomeInfo SehatBerita KesehatanIbunda Sahrul Gunawan Meninggal, Diduga karena Infeksi Lambung
Berita Kesehatan

Ibunda Sahrul Gunawan Meninggal, Diduga karena Infeksi Lambung

dr. Nadia Octavia, 22 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berita duka datang dari artis Sahrul Gunawan. Sang ibunda tercinta dikabarkan meninggal dunia akibat infeksi lambung kronis.

Ibunda Sahrul Gunawan Meninggal, Diduga   karena Infeksi Lambung

Berita duka datang dari Sahrul Gunawan. Bintang sinetron yang terkenal lewat sinetron “Jin dan Jun” ini tengah bersedih karena meninggalnya sang ibu, Hasanah, pada Rabu, 21 Juni 2017.

Seperti dilansir dari bintang.com, ibu Sahrul Gunawan sebelumnya telah menjalani perawatan intensif karena infeksi lambung kronis atau gastritis kronis.

Gastritis kronis adalah peradangan yang terjadi di lapisan lambung. Meski belum diketahui secara pasti penyebabnya, tetapi pada lansia —seperti ibu Sahrul Gunawan— risiko gastritis meningkat karena adanya penipisan lapisan lambung seiring usia.

Selain itu, lansia juga lebih rentan mengalami infeksi bakteri Helicobacter pylori penyebab gastritis. Pemicu lainnya dapat berupa:

  • Penggunaan analgesik berlebihanAnalgesik atau antinyeri seperti aspirin, ibuprofen, naproxen dapat menyebabkan peradangan di lambung.
  • Penyakit autoimunGastritis autoimun terjadi ketika tubuh menyerang sendiri sel-sel yang melapisi lambung. Kondisi ini lebih sering mengenai usia tua dibandingkan usia muda.
  • StresStres berat karena operasi, cedera, luka bakar, infeksi berat, dsb dapat menyebabkan terjadinya gastritis.
  • Konsumsi alkohol berlebihAlkohol dapat mengiritasi dan merusak lapisan lambung.

Jika tidak ditangani, gastritis yang berlangsung kronis dapat menyebabkan luka di lambung dan perdarahan lambung. Bahkan dapat meningkatkan risiko terkena kanker lambung.

Oleh karena itu, segeralah memeriksakan diri ke dokter bila Anda mengalami gejala-gejala ini: muntah darah, muntah berlebih berwarna kuning atau kehijauan, BAB berwarna kehitaman, nyeri perut disertai demam, berkunang-kunang hingga pingsan, pucat, dan sesak napas.

Turut berdukacita atas meninggalnya Hasanah, ibu dari Sahrul Gunawan. Semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa tabah.

[RS/ RH]

sakit lambungSahrul Gunawaninfeksi lambung

Konsultasi Dokter Terkait