Sehat dan Bugar

Kiat Jitu Mengatasi Mual Saat Mudik

dr. Karin Wiradarma, 22 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda berencana mudik saat Lebaran, tetapi takut mual sepanjang perjalanan? Jangan khawatir, berikut ini kiat untuk mengatasinya.

Kiat Jitu Mengatasi Mual Saat Mudik

Lebaran akan tiba sebentar lagi. Anda dan keluarga mungkin berencana mudik untuk merayakan hari kemenangan bersama sanak keluarga. Namun, ada beberapa hal yang tidak menyenangkan dari mudik, salah satunya yaitu mual dan muntah sepanjang perjalanan.

Setiap orang sebenarnya bisa terkena mabuk perjalanan. Namun, yang paling rentan mengalaminya adalah wanita yang sedang menstruasi atau hamil, anak kecil, orang yang sedang sakit atau kurang fit, dan mereka yang memiliki penyakit migrain.

Mual dan muntah adalah gejala utama dari mabuk perjalanan. Gejala lainnya bisa berupa keringat dingin, sakit kepala, dan kulit pucat.

Untuk mencegah mabuk perjalanan, ada beberapa hal yang harus dilakukan sehari sebelum berangkat mudik. Berikut ini beberapa kiat untuk terhindar dari rasa mual sepanjang perjalanan mudik Anda:

  • Hindari kebiasaan merokok, meminum kopi, dan mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Hindari konsumsi makanan berlemak dalam porsi yang terlalu besar. Hindari juga terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan produk susu.
  • Jangan membaca buku atau telepon genggam sepanjang perjalanan, karena dapat memicu rasa pusing dan mual.
  • Minumlah air putih secukupnya.

Selain kiat di atas, pemilihan sarana transportasi yang tepat juga bisa menghindarkan Anda dan keluarga dari rasa mual sepanjang perjalanan.

Jika bepergian menggunakan mobil, Anda dapat mengambil kemudi atau duduk di depan agar tidak mudah mabuk. Bila Anda mudik dengan pesawat terbang, pilihlah kursi di bagian sayap pesawat.

Jika menggunakan bus atau kereta api, duduklah menghadap depan. Sedangkan jika Anda mudik dengan kapal laut, pergilah ke dek kapal sambil menghirup udara segar.

Lantas bagaimana kalau sudah terlanjur mual?

Tak perlu khawatir. Anda bisa mengalihkan pikiran dengan mendengarkan musik atau mengonsumsi biskuit. Berbaring atau memakan permen jahe juga diharapkan dapat membantu mengurangi rasa mual. Membawa obat pencegah mabuk juga dapat menjadi solusi tepat. Selamat mudik!

[BA/ RVS]

MudikPerjalanan Jauhmual

Konsultasi Dokter Terkait