Sukses

Trik Menikmati Durian tanpa Kena Kolesterol

Banyak yang suka takut makan durian karena kolesterol. Apa hubungan keduanya?

Klikdokter.com, Jakarta Durian dikenal sebagai buah dengan aroma menyengat dan rasa yang khas. Banyak yang tergila-gila dengan buah ini, namun tak sedikit yang menghindarinya. Salah satu alasan yang diberikan saat menghindari buah ini adalah karena kolesterol.

Kolesterol adalah zat berlemak seperti lilin yang ditemukan di semua sel tubuh. Sebenarnya tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat yang membantu untuk mencerna makanan. Kolesterol dapat dibuat oleh hati dan juga diperoleh dari makanan.

Kolesterol di tubuh diangkut oleh lipoprotein. Terdapat dua macam lipoprotein, yaitu HDL (high density lipoprotein) dan LDL (low density lipoprotein). HDL merupakan kolesterol baik yang membawa kolesterol dari tubuh ke hati untuk dieliminasi oleh tubuh.

LDL adalah kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah Anda. Kolesterol tinggi, terutama LDL, dapat menyebabkan beberapa penyakit yang bisa berakibat fatal. Misalnya: serangan jantung dan stroke.

Lalu bagaimana durian dan kolesterol bisa dihubungkan? Untuk itu, Anda perlu tahu fakta kandungan buah yang dijuluki King of Fruit ini terlebih dahulu.

  1. Karbohidrat, protein dan lemak

    Meski mengandung serat yang baik bagi pencernaan, kandungan karbohidrat pada durian termasuk tinggi. Pada tiga potong durian saja terdapat rata-rata 160 kkal atau setara dengan satu mangkok nasi. Mengonsumsi 1 kg durian sudah dapat memenuhi kebutuhan kalori harian orang dewasa.

    Durian juga mengandung protein dan lemak. Walaupun lemak pada durian tinggi, lemak yang terkandung kebanyakan adalah lemak tak jenuh rantai tunggal yang baik untuk tubuh. Lemak tersebut dapat mengurangi kadar lemak jahat LDL pada tubuh.

  2. Mengandung vitamin dan mineral

    Durian kaya akan potasium, besi, serta vitamin C dan B kompleks. Sehingga, durian baik untuk meningkatkan kekuatan otot, tekanan darah, kesehatan kulit, menyokong sistem saraf dan kekebalan tubuh dan membantu pembentukan sel darah merah.

  3. Tidak mengandung kolesterol

    Meskipun tinggi lemak, buah durian tidak mengandung kolesterol. Kolesterol dapat ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu.

Durian memang tidak mengandung kolesterol. Tapi ingat, durian termasuk makanan berkalori tinggi. Jadi batasi konsumsi durian.

(DA/ RH)

1 Komentar