Sukses

Selain Susu, Jus Jeruk Juga Baik untuk Tulang

Studi mengatakan bahwa jus jeruk bermanfaat untuk kekuatan dan kepadatan tulang.

Klikdokter.com, Jakarta Khasiat jeruk bagi kesehatan sudah teruji sejak lama, khususnya jus jeruk. Namun, tak banyak yang tahu bahwa jus jeruk juga baik untuk tulang.

Berbagai penelitian ilmiah sudah membuktikan hal ini. Studi terkini yang dipublikasikan dalam Journal of Bone and Mineral Research menemukan bahwa vitamin C dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Para peneliti melakukan riset pada seribu wanita postmenopause yang mengonsumsi vitamin C secara teratur. Hasilnya, wanita yang mengonsumsi vitamin C secara reguler memiliki kepadatan tulang 3% lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

Penelitian lain yang dilakukan pada 36 mencit jantan juga menemukan hal serupa. Mencit yang diberikan jus jeruk mengalami peningkatan kekuatan tulang pinggul sebanyak 6,3% dan penurunan risiko patah tulang pinggul sebesar 9,5%.

Meski demikian, pembentukan kepadatan tulang ini juga dipengaruhi oleh asupan vitamin D dan kalsium. Tak hanya dari vitamin C.

Para ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi vitamin C harian pada pria dan wanita dewasa (lebih dari 18 tahun) sebanyak 75 mg/ hari. Sementara itu, wanita hamil 85 mg/ hari dan ibu menyusui 120 mg/ hari.

Jika Anda perokok, dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C 35 mg/ hari lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak merokok. Segelas jus jeruk mengandung 124 mg vitamin C, yang berarti sudah memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mekanisme vitamin C dalam membuat tulang kuat dan mengurangi risiko patah tulang. Walau begitu, tak ada salahnya bagi Anda untuk rutin minum jus jeruk dari sekarang.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar