Sukses

Pakai Kacamata Bikin Minus Mata Makin Bertambah?

Minus pada mata bisa bertambah akibat memakai kacamata. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Kacamata merupakan alat bantu untuk dapat melihat lebih jelas. Namun pada orang yang memiliki mata minus, penggunaan kacamata dianggap dapat menambah minus mata.

Mata minus (myopia) atau rabun jauh merupakan suatu kondisi kurangnya kemampuan mata untuk melihat benda-benda jauh. Keluhan ini dapat diatasi dengan penggunaan kacamata minus atau lensa kontak.

Terkait dengan rumor mengenai minus yang bertambah, hingga saat ini tidak ada penelitian ilmiah yang mengaitkannya dengan penggunaan kacamata. Sebaliknya, mata minus yang tidak dibantu kacamata justru dapat menimbulkan berbagai keluahan, seperti:

  1. Minus mata bertambah

    Anda yang memiliki mata minus tapi malas menggunakan alat bantu penglihatan? Hati-hati, hal ini bisa membuat mata Anda akan terus berakomodasi.

    Semakin mata berakomodasi untuk menyesuaikan penglihatan, maka mata akan menjadi lelah. Alhasil, minus mata pun akan semakin bertambah.

  2. Menyebabkan lensa mata menjadi kaku

    Memakai kacamata pada penderita mata minus dapat melindungi lensa mata dari paparan sinar ultraviolet. Perlindungan terhadap sinar ini dapat menunda kekakuan lensa mata.

    Jika Anda tidak rutin memakai kacamata, maka lensa mata lebih mudah menjadi kaku. Secara tidak langsung, hal ini akan menyebabkan minus mata bertambah parah.

    Itulah sebabnya orang-orang dengan mata minus harus menggunakan kacamata terus-menerus. Selain membuat penglihatan lebih jelas, hal ini juga turut mencegah minus mata semakin bertambah

Jangan lupa juga untuk menjalani gaya hidup sehat. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya A, atur jarak baca, dan istirahatkan mata setelah membaca atau menggunakan gawai. Anda pun tak perlu khawatir jumlah minus mata bertambah karena menggunakan kacamata.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar