Sukses

Cegah Mood Swing selama Ramadan

Jangan sampai mood swing membuat puasa Ramadan Anda batal. Mari cegah dengan kiat-kiat berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Ramadan menjadi bulan penuh berkah untuk memperbanyak ibadah. Namun, ini bisa saja terganggu karena mood swing atau perubahan suasana hati yang mendadak sehingga menjadi kurang bersemangat.

Mood swing dapat terjadi pada siapa saja, dan ternyata ini berhubungan erat dengan makanan. Ketika berpuasa, seseorang tidak makan dan minum lebih dari 12 jam. Otomatis kadar gula dalam darah menurun jauh.

Hal itu tentunya memengaruhi ketidakseimbangan hormon, salah satunya serotonin yang mengatur selera makan dan mood. Karena itu, orang yang berpuasa bisa menjadi lebih sensitif.

Kondisi lapar juga membuat seseorang lebih cepat marah. Namun tentunya, Anda tidak ingin pahala puasa berkurang karena marah-marah, bukan?

Untuk membantu mencegah mood swing, menjaga kecukupan nutrisi selama berpuasa Ramadan, sekaligus menjauhkan bau mulut, pilihlah makanan dengan bijak saat berbuka maupun sahur.

Asupan kaya serat dapat membantu Anda tidak cepat lapar karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Oleh sebab itu, perbanyaklah konsumsi sayur, buah, dan whole grain. Cukupi juga konsumsi air putih untuk memelihara keseimbangan metabolisme dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

Hindari makanan berminyak, bawang, dan makanan tinggi kandungan gula. Begitu juga kopi karena memiliki efek dehidrasi yang dapat membuat mulut kering dan napas tak sedap.

Agar berpuasa tetap nyaman, kebersihan gigi dan mulut tak boleh dilupakan. Menyikat gigi dapat dilakukan di luar waktu berpuasa, terutama sebelum tidur. Demikian juga dengan penggunaan obat kumur.

Pilihlah pasta gigi yang memiliki kandungan bahan aktif fluoride, potassium nitrate, dan perisa mint, seperti Sensodyne. Karena dengan pasta gigi yang tepat, puasa Ramadan Anda dapat semakin lancar dan tentunya bebas mood swing!

Selama bulan berkah ini, Sensodyne mengajak Sensofriend untuk berbagi melalui kontes online #SensodyneBerbagi. Caranya, hanya perlu follow akun media sosial Sensodyne Indonesia Facebook Fanpage, @GigiNgilu di Twitter dan @SensodyneIndonesia di Instagram. Kirim kiat-kiat menjalani puasa tanpa godaan di akun media sosial dan tag 5 teman Anda. Jangan lupa untuk tag akun media sosial Sensodyne Indonesia dan pakai #SensodyneID dan #SensodyneBerbagi.

Tiap kiat #SensodyneBerbagi bernilai Rp 5.000 dan nantinya akan didonasikan ke Yayasan Difabel Mandiri Indonesia. Sebanyak 15 pemenang mingguan berhak mendapatkan Sensodyne Ramadan Special Gift. Selain itu, ada juga hadiah utama yang diumumkan di akhir kontes yaitu Canon EOS M-10 Kit.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar