HomeInfo SehatHIV atau AIDS6 Gejala HIV yang Tak Pernah Anda Duga
HIV atau AIDS

6 Gejala HIV yang Tak Pernah Anda Duga

dr. Ellen Theodora, 19 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Di luar dugaan, ternyata kondisi-kondisi yang sering terjadi berikut ini bisa menjadi gejala HIV.

6 Gejala HIV yang Tak Pernah Anda Duga

HIV menjadi momok bagi semua umat manusia. Selain belum bisa disembuhkan, beberapa gejala HIV juga kerap hadir tanpa disadari.

HIV merupakan virus yang dapat menular melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita. Penularannya bisa melalui seks bebas, tato, jarum suntik, tindik, transfusi darah, kehamilan, bersalin atau menyusui.

Gejala yang Tidak Terduga

Seseorang yang terjangkit HIV biasanya memiliki gejala berupa perawakan sangat kurus, dan mata merah. Di samping itu, ada juga gejala-gejala HIV lainnya yang tidak pernah Anda duga sebelumnya. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Demam berkepanjangan 

Pada kasus HIV, gejala awal HIV biasanya terkena demam tanpa penyebab yang jelas dan terjadi berkepanjangan. Demam ini bisa mereda sewaktu-waktu, namun kemudian akan meninggi lagi.

  1. Mual, muntah dan diare

Adanya masalah pada sistem pencernaan, seperti diare yang tidak kunjung sembuh, bisa jadi menjadi indikasi awal dari HIV itu sendiri.

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Orang yang terjangkit virus HIV akan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening.

  1. Keringat di malam hari

Pada penderita HIV, keringat di malam hari kerap tidak bisa dihindari. Keringat ini keluar meski cuaca sedang sejuk atau sedang tidak berolahraga.

  1. Batuk kering yang tidak kunjung sembuh

Batuk kering dan sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh juga menjadi gejala HIV yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.

  1. Lelah dan badan lemas

Respons inflamasi akibat virus yang menyerang kekebalan tubuh juga menyebabkan keluhan mudah lelah dan badan lemas.

Jika Anda ingin terhindar dari gejala HIV di atas, mulailah untuk menjauhi hal-hal yang menjadi faktor risikonya. Jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya.

(NB/RH)

Gejala HIVHIV/AIDS

Konsultasi Dokter Terkait