HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi5 Mitos Diet yang Tak Boleh Anda Ikuti
Diet dan Nutrisi

5 Mitos Diet yang Tak Boleh Anda Ikuti

dr. Nadia Octavia, 05 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apa saja mitos diet yang harus Anda hindari? Berikut ulasannya.

5 Mitos Diet yang Tak Boleh Anda Ikuti

Menurunkan berat badan menjadi perjuangan bagi sebagian orang. Berbagai cara diet kadang dihalalkan demi menurunkan bobot berlebih. Namun, waspadalah dengan banyaknya mitos diet yang beredar.

Berikut ini lima mitos diet yang sebaiknya Anda hindari:

1. Menghindari makan malam

Makan malam ibarat momok yang menakutkan bagi pelaku diet. Makan malam pun sering disalahkan sebagai penyebab berat badan Anda melonjak.Faktanya, menghindari makan malam justru akan membuat Anda lebih lapar dan cenderung mengemil pada malam hari. Untuk menyiasatinya, pilihlah makanan yang tinggi serat tetapi rendah kalori, seperti sayur dan buah

2. Diet detoks

Memang, berat badan Anda dapat turun dengan minum jus buah atau sayuran saja dalam sehari. Namun, Anda tidak mungkin melakukan pola diet tersebut seumur hidup, bukan? Ketika Anda kembali ke pola makan normal, justru berat badan Anda akan meningkat dan Anda akan kehilangan berbagai nutrisi penting.

3. Menghindari karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh Anda. Menghindari karbohidrat justru akan membuat Anda lemas dan tidak berenergi. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengganti karbohidrat yang tinggi serat tetapi rendah indeks glikemik. Contohnya, beras merah atau roti gandum.

4. Melakukan diet sangat rendah kalori

Diet dengan kalori yang sangat rendah (< 1000 kalori) akan membuat Anda kekurangan berbagai vitamin dan mineral penting.Berat badan Anda memang dapat turun sekejap, tetapi Anda juga bisa berisiko mengalami efek samping kesehatan. Seperti diare, muntah, bau mulut, hingga kerontokan rambut.

5. Berolahraga dengan perut kosong

Ada mitos bahwa berolahraga dengan perut kosong dapat membakar kalori lebih banyak. Berdasarkan penelitian, berolahraga dengan atau tanpa makan terlebih dahulu tidak akan banyak memengaruhi pembakaran kalori.

Namun, ada baiknya Anda makan terlebih dahulu maksimal 1 jam sebelum berolahraga agar tidak terjadi gangguan pencernaan.

Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan olahraga. Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan. Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan makanan.

Telitilah setiap informasi yang Anda dengar agar tidak terjebak dalam mitos diet yang bisa merugikan Anda. Hindari penurunan berat badan yang drastis. Penurunan berat badan yang ideal adalah 0.5 kg per minggu.

[RS/ RH]

MitosDietFaktaMitos Diet

Konsultasi Dokter Terkait