Kesehatan Umum

Benarkah Rokok Mild Lebih Aman dari Rokok Kretek?

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 08 Nov 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Rokok mild dianggap lebih aman ketimbang rokok pada umumnya bahkan rokok kretek. Bagaimana faktanya?

Benarkah Rokok Mild Lebih Aman dari Rokok Kretek?

Rokok mild atau rendah tar sering kali diasumsikan lebih aman ketimbang rokok pada umumnya bahkan rokok kretek. Namun, penelitian menyimpulkan hal yang sebaliknya.

Sebelum membahas tentang rokok mild, ini ada beberapa alasan mengapa rokok pada umumnya bahkan rokok kretek sering dianggap lebih berbahaya.

1. Cengkeh

Cengkeh yang digunakan dalam rokok kretek mengandung eugenol, yang merupakan anestesi lokal, memungkinkan perokok untuk menghisap lebih dalam dan lebih lama, sehingga potensial untuk mengirimkan lebih banyak zat berbahaya ke dalam paru-paru.

2. Tar dan Nikotin

Pada rokok umum dan rokok kretek seringkali memiliki kadar tar dan nikotin yang lebih tinggi dibandingkan dengan rokok mild. Tar adalah zat yang dapat menyebabkan kanker, sedangkan nikotin adalah zat adiktif yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya.

3. Partikel Halus

Pembakaran cengkeh menghasilkan partikel halus yang bisa menyebabkan masalah pernapasan dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Nah, sekarang mari kita bahas tentang rokok mild. Menurut para ahli, rokok berlabel mild tidak lebih aman. Sebab ketika mengonsumsi rokok rendah tar, maka perokok tersebut akan melakukan teknik pengisapan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan nikotinnya.

Teknik pengisapan menjadi lebih panjang dan dalam, atau perokok akan mengisap lebih banyak rokok. Pada akhirnya, perokok akan mendapatkan kandungan tar yang sama banyaknya dan tetap memiliki risiko untuk menderita berbagai penyakit akibat merokok.

Merokok rendah tar bukanlah cara yang tepat untuk menghindari efek negatif dari rokok. Satu-satunya solusi adalah dengan berhenti merokok. Saat ini sudah banyak terapi untuk berhenti merokok, mulai dari terapi perilaku hingga terapi medis intensif untuk membantu mengurangi ketergantungan nikotin.

Namun, semuanya kembali pada niat kamu. Seberapa besar keinginan kamu untuk melepas kebiasaan buruk tersebut? Hanya kamu yang tahu.

Setiap isapan rokok memberikan kenikmatan semu yang dapat menuai dampak buruk. Jadi, apakah kamu masih menganggap rokok mild lebih aman dari pada rokok umumnya bahkan rokok kretek? Janganlah tertipu dengan teknik pemasaran perusahaan rokok karena tubuh kamu yang akan membayar harganya.

[RS/ RH]

Bahaya Rokokrokok kretekMitosRokok mild

Konsultasi Dokter Terkait