Kesehatan Umum

4 Cara Ampuh untuk Berhenti Merokok

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 03 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Merokok dapat memicu berbagai penyakit. Anda seorang perokok? Ini saatnya untuk berhenti merokok. Intip caranya di sini.

4 Cara Ampuh untuk Berhenti Merokok

Bicara tentang berhenti merokok tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Percaya atau tidak, ada banyak orang yang gagal melakukannya karena ini memang bukan perkara mudah.

Ada banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa merokok dapat memicu berbagai penyakit. Beberapa di antaranya adalah kanker paru, peradangan saluran pernafasan, jantung, dan kanker saluran pencernaan.

Meski informasi tentang hubungan antara rokok dan penyakit-penyakit tersebut telah banyak disosialisasikan, jumlah perokok tetap saja banyak. Padahal, kalau sudah kronis, biaya kesehatan yang dikeluarkan untuk berbagai gangguan kesehatan akibat rokok tidaklah sedikit.

Anda ingin berhenti merokok? Atau ingin membantu orang di sekitar Anda berhenti dari kebiasaan yang satu ini? Kalau begitu, kami bantu Anda dengan panduan berikut ini:

1. Buat komitmen dan alasan berhenti merokok

Langkah awal berhenti merokok adalah dengan membuat komitmen dan alasan mengapa Anda perlu berhenti merokok. Catat alasan tersebut dan tempel di tempat yang mudah Anda lihat. Alasan yang kuat akan membuat Anda lebih termotivasi untuk berhenti merokok.

2. Terapi perilaku

Niat ‘mulia’ saja tidak cukup. Anda juga memerlukan bantuan orang lain, misalnya: tenaga profesional seperti dokter dan konselor. Saat melakukannya seorang diri –tanpa bantuan orang lain, seringkali Anda memasuki fase jenuh dan akhirnya kembali mengisap rokok.

3. Terapi pengganti nikotin

Terapi pengganti nikotin merupakan salah satu cara untuk melepaskan diri Anda dari kebiasaan merokok. Nikotin tersedia dalam bentuk spray, inhaler, dan patch.

4. Pengobatan

Merasa bahwa berbagai cara yang untuk melepaskan diri dari kebiasaan merokok yang sudah Anda coba tak berhasil? Tenang, ada beberapa pengobatan untuk membantu agar berhasil, misalkan: bupropion dan varenicline.

Untuk berhenti merokok diperlukan komitmen yang kuat dan usaha yang besar. Dukungan dari orang terdekat juga akan sangat membantu proses rehabilitasi yang Anda jalani. Selamat mencoba.

(DA/ RH)

berhenti merokokRokokcara berhenti merokok

Konsultasi Dokter Terkait