HomeInfo SehatKesehatan Umum5 Gangguan Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa
Kesehatan Umum

5 Gangguan Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa

dr. Reza Fahlevi, 31 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Perubahan waktu dan pola makan selama puasa di bulan Ramadan terkadang membuat tubuh mengalami gangguan kesehatan.

5 Gangguan Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa

Pada dasarnya, puasa di bulan Ramadan dapat menyehatkan tubuh. Namun gangguan kesehatan kerap terjadi, lantaran tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan pola dan waktu makan.

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul di bulan puasa:

  1. Mag

    Mag memang kerap muncul, terutama pada penderita mag. Penyebabnya, terjadi peningkatan asam lambung akibat lambung kosong selama berpuasa. Selain itu, salah memilih menu sahur dan buka puasa dapat memperparah mag. Anda perlu menghindari rokok dan asupan yang mengandung gas seperti kubis dan minuman bersoda. Singkirkan makanan berlemak, makanan pedas, dan kopi dari meja makan.Artikel Lainnya: Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental
  2. Hipoglikemia

    Hipoglikemia atau kadar gula darah rendah dapat terjadi lantaran mengonsumsi gula berlebih saat sahur. Akibatnya, tubuh menghasilkan hormon insulin secara berlebihan, sehingga kadar gula darah menurun. Selain itu, kebiasaan melewatkan sahur juga dapat memicu hipoglikemia. Keluhan seperti lemas, gelisah, berdebar, mual-muntah, serta nyeri kepala pun akan menghantui sepanjang hari.
  3. Konstipasi atau sembelit

    Konstipasi atau sembelit terjadi karena tubuh kekurangan serat dan cairan. Agar terhindari dari sembelit selama puasa di bulan Ramadan, Anda perlu memperhatikan memperbanyak asupan cairan dan serat.Artikel Lainnya: Penyebab Sering Mengalami Nyeri Otot Saat Puasa
  4. Hipotensi

    Anda pernah mengalami pusing, kurang bertenaga, lemas, lesu, dan seakan ingin pingsan selama puasa? Anda bisa jadi mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah. Nah, untuk mencegah hal ini, Anda perlu mencukupi asupan cairan dan garam. Selain itu, pastikan untuk cukup istirahat, ya.
  5. Bau mulut

    Bau mulut (halitosis) merupakan gangguan kesehatan yang sering muncul saat puasa. Bau mulut terjadi akibat penurunan asupan makanan dan cairan. Selain itu, bau mulut dapat terjadi karena infeksi pada saluran pernapasan, jarang menggosok gigi, konsumsi makanan berbau tajam, gangguan ginjal, dan diabetes.

Kini, Anda telah mengetahui beberapa gangguan kesehatan yang kerap mengintai selama puasa di bulan Ramadan. Ingat, Anda wajib memperhatikan pola makan saat sahur dan buka puasa, agar ibadah puasa berjalan dengan lancar.

[BA/ RH]

Masalah Kesehatanbulan ramadanpuasa

Konsultasi Dokter Terkait