Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiKesehatan MentalSering Gelisah Tak Tentu Arah? Coba Makan Ini
Kesehatan Mental

Sering Gelisah Tak Tentu Arah? Coba Makan Ini

Tim Redaksi KlikDokter, 21 Mei 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Rasa gelisah dapat diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan minyak ikan.

Sering Gelisah Tak Tentu Arah? Coba Makan Ini

Pada dasarnya, rasa gelisah termasuk normal karena tiap orang pasti pernah mengalaminya. Kondisi ini menjadi tidak wajar apabila Anda gelisah berlebihan dan terus-menerus, bahkan terhadap hal-hal ringan sekalipun.

Waspadalah. Jika Anda gelisah dan stres berkepanjangan, akan timbul peradangan pada tubuh melalui meningkatnya asam arakhidonat. Otomatis tubuh akan terkena efek negatifnya.

Untuk mencegah atau mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi asam lemak omega-3 sebagai anti peradangan.

Asam lemak omega-3, atau yang dikenal dengan minyak ikan, merupakan nutrisi yang diperoleh dari luar karena tubuh tidak bisa menghasilkannya sendiri. Secara garis besar, minyak ikan terdiri dari EPA, DHA, dan ALA.

DHA merupakan komponen utama pembentukan sel-sel otak, sedangkan EPA berfungsi sebagai anti peradangan pada otak. Bisa Anda bayangkan jika kadar EPA di otak menurun. Hal ini akan meningkatkan reaksi peradangan otak yang dapat memicu gangguan. Salah satunya kondisi gelisah.

Sumber EPA dan DHA banyak tersedia di alam. Anda dapat menjumpainya pada salmon, atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung minyak ikan.

Kini Anda telah mengetahui manfaat dari minyak ikan. Salah satunya adalah untuk mengatasi rasa gelisah. Jadi, tambahkanlah minyak ikan pada menu harian agar tubuh dan pikiran selalu segar!

[RS]

makanGelisah

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter