Sukses

5 Kiat Ampuh Mengatasi Anak Malas Bergerak

Anak Anda malas bergerak? 5 kiat berikut ini bisa Anda manfaatkan.

Klikdokter.com, Jakarta Obesitas dan berbagai penyakit metabolik semakin banyak terjadi pada usia anak-anak. Salah satu faktor peyebabnya yakni kurangnya aktivitas fisik. Karena itu, anak perlu didorong untuk aktif bergerak sejak dini.

Namun, di zaman yang serba praktis saat ini, mendorong anak melakukan aktivitas fisik bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, perlu kiat khusus agar anak tidak lagi malas bergerak dan mulai menyukai kegiatan olah fisik.

Apa saja kiat yang bisa Anda lakukan? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Pilih aktivitas fisik yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Pilihan yang salah dapat menimbulkan kebosanan pada anak.

    Sebagai panduan, anak usia prasekolah belum dapat melakukan olahraga permainan. Untuk itu Anda dapat melakukan aktivitas seperti berlari santai, lompat kodok, lempar bola, dsb. Sementara untuk anak usia sekolah, jenis olahraga bulu tangkis, bola basket, berenang, dapat mulai dikenalkan.

  2. Berikan anak keleluasaan untuk memilih jenis aktivitas fisik dan waktu untuk melakukannya. Awali dengan intensitas yang ringan. Daripada berlari, jalan santai selama 30 menit bisa menjadi awal yang baik.

  3. Lakukan secara bersama-sama. Ajak anggota keluarga yang lain untuk ikut dalam kegiatan fisik bersama. Bila anak memiliki teman yang sebaya dengannya, Anda dapat mengajaknya juga. Aktivitas fisik secara berkelompok dapat turut mengajarkan nilai-nilai kehidupan pada anak, seperti kerjasama, pantang menyerah, dan berani.

  4. Ciptakan suasana yang menyenangkan. Anak akan lebih mudah menikmati aktivitas fisik bila dilakukan dalam suasana menyenangkan. Tak perlu memasang target apapun. Bila sudah jadi kebiasaan, anak akan memilih bergerak di luar rumah dibanding duduk menonton televisi atau bermain gadget.

  5. Jadilah contoh yang baik baginya. Anak yang melihat orangtua rutin berolahraga, kemungkinan besar akan mengikuti kebiasaan tersebut.

Melakukan aktivitas fisik sejak dini dapat memacu anak untuk mengembangkan pola hidup sehat, menghindarkannya dari obesitas serta mengajarkan nilai-nilai kehidupan. Untuk mendukung kebutuhan energi bagi anak aktif, pastikan kecukupan nutrisinya dengan makan makanan bergizi beragam, dan lengkapi dengan segelas MILO setiap sarapan. Gizi yang seimbang untuk energy berkelanjutan. Selamat mencoba.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar