Pencernaan

Segudang Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Hati

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 23 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak hanya untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, bawang putih juga bermanfaat bagi organ hati. Apa saja manfaat tersebut?

Segudang Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Hati

Hati merupakan organ yang berfungsi melawan infeksi, membuang toksin, dan sebagainya. Tak hanya itu, hati adalah satu-satunya organ yang dapat beregenerasi sendiri. 

Karenanya, sangat penting bagi Anda untuk menjaga hati tetap sehat. Jika fungsi hati mengalami masalah, hal ini dapat memicu terjadinya penyakit hati dan gangguan metabolisme. 

Untuk membantu melindungi hati, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. 

Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi seseorang untuk membantu melindungi hati, salah satunya bawang putih. Ya, tanaman ini dapat Anda masukkan ke dalam menu sehari-hari guna menjaga kesehatan hati.

Berikut adalah berbagai manfaat bawang putih untuk hati

1. Membuang Racun

Bawang putih diketahui mengandung alisin, selenium, dan arginin yang bermanfaat untuk mengaktivasi enzim-enzim yang dapat membuang racun dari tubuh. 

Alisin adalah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas perusak tubuh, termasuk organ hati.

Selain itu, alisin memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Pada studi yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry, alisin pada bawang putih dapat menyebabkan kematian sel kanker pada organ hati.

Artikel lainnya: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

2. Bersifat Antioksidan

Sifat antioksidan yang kuat dari bawang putih memiliki manfaat paling signifikan untuk kesehatan hati. 

Antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan organ hati karena radikal bebas alami yang diproduksi tubuh, membantu keseimbangan lemak, serta menangkal racun dari luar tubuh seperti bahan kimia.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Berdasarkan studi dari Journal of Nutrition, penggunaan ekstrak bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar trigliserida atau lemak jahat yang terbentuk pada organ hati. 

Dengan demikian, hati dapat terhindar dari penyakit perlemakan hati.

4. Melawan Peradangan (Anti-Inflamasi)

Salah satu manfaat bawang putih untuk hati adalah dapat melawan peradangan. 

Vitamin B6 dapat melawan inflamasi pada organ hati. Vitamin C  juga mampu mencegah gangguan pada sel organ hati.

Artikel lainnya: Waspada, Inilah Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Bawang Putih

5. Menurunkan Risiko Perlemakan Hati (NAFLD)

Sebuah studi kecil tahun 2016 menunjukkan, melengkapi diet dengan kapsul bubuk ekstrak bawang putih dapat bermanfaat bagi orang dengan penyakit hati berlemak nonalkohol (non-alcoholic fatty liver disease/ NAFLD).

Diketahui bahwa hal tersebut dapat menurunkan berat badan dan lemak tubuh pada penderita, tanpa kehilangan massa tubuh tanpa lemak. 

Penurunan berat badan bermanfaat bagi banyak orang, karena kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor penyebab NAFLD. 

6. Memperbaiki Kerusakan Hati

Manfaat lainnya dari bawang putih hitam (black garlic) untuk hati adalah dapat meningkatkan fungsi hati dalam kasus kerusakan hati akibat alkohol kronis, kemungkinan melalui aktivitas antioksidannya. 

Pada penelitian lain juga ditemukan bahwa bawang putih hitam dapat menurunkan kadar ALT dan AST, dua bahan kimia dalam darah yang mengindikasikan kerusakan hati.

Hati memainkan peran penting dalam tubuh. Ada baiknya Anda mulai memperhatikan asupan makanan sehari-hari agar kesehatan hati tetap terpelihara. 

Kemudian, Anda juga perlu menghindari makanan dan minuman yang kemungkinan justru membahayakan hati. 

Jagalah kesehatan hati Anda dengan gaya hidup sehat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan bawang putih pada setiap masakan.

Ada begitu banyak manfaat bawang putih untuk hati, mulai dari untuk membuang racun hingga memperbaiki masalah dan penyakit hati

Baca artikel kesehatan menarik lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 jam

[RS]

HatiLiverbawang putihpenyakit hati

Konsultasi Dokter Terkait