Sukses

Cara Kreatif Ajak Anak Rutin Olahraga

Waktu luang dapat Anda jadikan sebagai ajang untuk mengajak anak olahraga. Bagaimana cara agar anak Anda mau melakukannya secara rutin?

Klikdokter.com, Jakarta Kegiatan olahraga yang dilakukan oleh anak dan orang dewasa bisa berbeda. Pada anak usia 5 hingga 18 tahun, secara umum durasi olahraga yang disarankan adalah sekitar 60 menit setiap harinya.

Olahraga yang dilakukan dapat berupa aktivitas sedang, seperti bersepeda atau bermain di taman bermain, maupun aktivitas yang lebih intensif, seperti berlari atau bermain tenis. Beberapa hal ini dapat Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi olahraga pada anak:

  1. Mengeksplorasi aktivitas yang digemari anak

    Salah satu cara yang termudah bagi anak untuk berolahraga adalah jika ia menyukai kegiatan yang dilakukan. Bila anak Anda senang bermain di kolam renang, berenang dapat menjadi olahraga yang digemarinya.

    atau bila anak Anda gemar menonton pertandingan sepakbola, mengajaknya untuk bermain sepakbola bersama teman-temannya dapat menjadi pilihan yang tepat.

  2. Membuat aktivitas fisik menjadi menyenangkan

    Jika anak Anda mudah bosan, cobalah untuk membuat olahraga menjadi hal yang menyenangkan. Misalnya, Anda dapat membuat aktivitas olahraga dalam bentuk perlombaan, seperti tarik tambang, obstacle race, atau berbagai kegiatan lainnya.

    Selain itu, Anda juga dapat mengajak anak untuk mencoba beberapa jenis olahraga, guna membuat aktivitas olahraga menjadi variatif. Memperkenalkan bermacam-macam kegiatan yang dapat dilakukan dapat membantu anak untuk memilih kegiatan yang disukainya.

  3. Membuat olahraga menjadi waktu bersama keluarga

    Tentu akan sangat menyenangkan bila Anda dan anak dapat berolahraga bersama. Sebagai contoh: Anda bisa bermain tenis, tenis meja, bulutangkis bersama anak. Kegiatan seperti ini juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Ada banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengajak anak Anda olahraga secara rutin. Hal ini tidak hanya menjaga kesehatan anak, namun juga dapat mempererat hubungan antar keluarga bila dilakukan bersama-sama.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar