Kesehatan Bayi

Cara Efektif Bikin Rambut Bayi Tumbuh Lebat

dr. Dyah Novita Anggraini, 15 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak perlu repot, ternyata cara sederhana ini bisa bikin rambut bayi tumbuh lebat.

Cara Efektif Bikin Rambut Bayi Tumbuh Lebat

Setiap orangtua pasti ingin rambut bayi yang lebat. Selain menambah tingkat kegemasan, hal ini juga menambah daya tarik bayi. Pertanyaannya, bagaimana cara untuk bikin rambut bayi tumbuh lebat?

Rambut merupakan anggota tubuh yang sudah tumbuh sejak bayi masih dalam kandungan. Rambut ini akan rontok secara alami, dalam enam bulan pertama kehidupan bayi. Setelah itu, akan tumbuh rambut bayi baru yang sifatnya permanen.

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut bayi, ini yang bisa Anda lakukan:

  • Menjaga kebersihan kulit kepala bayi

Anda dapat menggunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk bayi. Sampo jenis ini memiliki ciri tidak mengandung alkohol, tidak pedih di mata dan tidak memiliki busa berlebihan. Jika bayi memiliki kerak di kulit kepalanya, Anda bisa membersihkannya dengan memijat kulit kepalanya menggunakan sampo saat mandi. Pastikan pijatan yang Anda lakukan lembut, dengan gerakan berputar selama dua menit.

  • Asupan nutrisi yang bergizi

Untuk melebatkan rambut bayi, Anda disarankan untuk tetap memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan tanpa selingan makanan lain. Kemudian setelah bayi berusia 6 bulan, Anda bisa memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

  • Berikan menu yang mengandung vitamin B1

Vitamin B1 berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Pastikan MPASI yang diberikan pada bayi memiliki kandungan vitamin B1 (thiamin). Ini bisa Anda temukan pada jeruk, anggur, semangka, sayur asparagus, bayam, brokoli, wortel, kacang hijau, ikan, daging dan telur.

  • Konsumsi vitamin B7

Vitamin B7 (biotin), berperan dalam pertumbuhan sel-sel rambut. Zat ini bisa Anda bisa didapatkan dari wortel, ikan salmon, buah stroberi, pisang dan alpukat.

Dengan kiat di atas, diharapkan rambut bayi dapat tumbuh lebat. Dengan demikian, penampilan bayi Anda akan lebih menggemaskan dan menarik perhatian orang-orang di sekitarnya.

(NB/ RH)

RambutBayiRambut Bayi

Konsultasi Dokter Terkait